PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin menjamin dirinya tidak punya niat untuk mengatur serangan lebih jauh ke wilayah Ukraina.

Ban Ki-moon mengatakan kepada wartawan bahwa Putin menjelaskan kepadanya "ia tidak berniat untuk melakukan tindakan militer" setelah briefing Dewan Keamanan PBB mengenai pembicaraan baru-baru ini di Moskow dan Kiev.

"Saya juga harus memberitahu Anda pada saat yang sama Presiden Putin juga menyatakan keprihatinannya tentang beberapa elemen radikal ekstrim dan setiap gerakan tersebut di sepanjang garis perbatasan," kata Ban kepada wartawan seperti dikutip AFP.

"Emosi berjalan tinggi dan ketegangan juga telah dianggap sangat tinggi. Oleh karena itu, prioritas utama saya adalah mendesak para pemimpin kedua pihak untuk terlibat dalam dialog langsung," sambung dia.

"Saya juga mendesak para pemimpin otoritas Ukraina mengatasi semua masalah domestik yang mungkin mereka hadapi yang juga dapat menciptakan kekhawatiran bagi pihak Rusia".

(H-AK/H-RN)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014