Monaco (ANTARA News) - AS Monaco telah menunjuk pelatih asal Portugal Leonardo Jardim sebagai pelatih baru di klub itu dengan kontrak berdurasi dua tahun dengan opsi untuk musim ketiga, kata klub Liga Prancis itu pada Jumat.

Jardim (39) menggantikan Claudion Ranieri setelah pria Italia itu meninggalkan Monaco pada bulan lalu, setelah memimpin tim kerajaan itu ke peringkat kedua sekaligus mengamankan satu tikeyt ke Liga Champions.

Jardim meninggalkan posisinya di Sporting Lisbon pada Mei hanya setelah satu tahun melatih di sana.

"Saya sangat gembira dapat bekerja untuk Monaco sebab ini adalah klub besar. Saya sangat yakin terhadap proyek ini dan saya pikir kami akan melakukan hal-hal baik bersama-sama sebagai satu grup," kata Jardim pada pernyataan yang terdapat di situs resmi Monaco.

"AS Monaco merupakan tim dengan pemain-pemain berkualitas. Terdapat banyak pemain muda yang berbakat dan saya akan melakukan segalanya untuk membantu mereka berkembang," tambahnya.

Wakil presiden Vadim Vasilyev mengatakan klub "begitu yakin bahwa Leonardo Jardim merupakan sosok yang tepat untuk memimpin proyek ini melaju ke depan."

"Ia merupakan pelatih yang telah mencapai hasil-hasil mengagumkan di klub-klub sebelumnya. Ia sangat termotivasi dan membentuk bagian dari generasi pelatih baru ini yang membawa dinamika baru ke permainan. Ia ambisius, seperti kami. Ini merupakan tipe yang sangat cocok dengan apa yang kami cari," tambah Vasilyev.

Setelah memulai karier kepelatihannya di divisi-divisi terbawah Portugal, Jardim melatih Beira Mar pada 2009 dan membantu mereka promosi ke kompetisi strata teratas pada musim berikutnya.

Ia kemudian membantu Braga untuk finis di peringkat ketiga pada musim 2011/2012 sebelum pindah ke Yunani untuk melatih Olympiacos.

Ia tidak lama berkarier di Yunani dan ia kembali ke Portugal, di mana ia menandatangani kontrak dua tahun dengan Sporting, yang ia bawa menduduki peringkat kedua pada musim lalu.

Jardim diperkirakan akan diperkenalkan secara resmi di Monaco tidak lama sebelum para pemain kembali untuk menjalani latihan pra musim pada 30 Juni, demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014