Messi tidak perlu memenangkan piala dunia untuk menjadi yang terbaik di dunia
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Yang satu menjadi pemain bola paling dikenal, dan yang satu lagi menjadi pemain paling bernilai.

Mereka mengoleksi jumlah gol yang sama di Liga Champions dan segudang gelar. Keduanya, baik Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi belum pernah mencicipi gelar piala dunia.

Keduanya, Messi dan Ronaldo memonopoli enam kali penghargaan player of the year. Keduanya juga menjadi peserta di dua edisi piala dunia terakhir tetapi gagal untuk merengkuh tropi. Messi hanya mencetak satu gol pada putaran final, sedangkan Ronaldo dua.

Sekarang harapan Argentina berada pada pundak Messi. Sementara Portugal berharap gol Ronaldo bisa menjadi penyelamat untuk keluar dari grup sulit.

Piala dunia Brasil kali ini bisa saja menjadi penentu antara Messi atau Ronaldo yang namanya akan disejajarkan bersama legenda Pele dan Diego Maradona serta Zinedine Zidane. Kompetisi ini akan mengubah reputasi keduanya.

Messi berumur 26 tahun dengan tinggi 1.67 meter (5ft 7inch) dan berat 67 kg (148 pound). Rekor jumlah gol Messi dan kecemerlangannya sama dengan Ronaldo yang berumur 29 tahun dengan tinggi 1.85 (6ft 1inch) meter dan berat 80 kg (176 pounds) yang bergaya hidup glamor.

Messi sudah tiga kali mengangkat tropi Liga Champion dengan Barcelona, sedangkan Ronaldo menambah satu tropi untuk Real Madrid bulan lalu yang sebelumnya juga sukses dengan Manchester United.

Keduanya rata-rata mencetak lebih dari 50 gol selama setahun  di semua kompetisi bersama klubnya masing-masing.

Ronaldo menjadi pemain yang paling dikenali dan paling laku menurut Repucom, sebuah perusahaan peneliti pemasaran olahraga.

Messi menjadi pemain bola paling bernilai berdasarkan observatorium sepak bola, CIES, yang terletak di Swiss. Pemain Argentina itu bernilai 216 juta euro atau 294 juta dolar, sedangkan di umurnya yang sekarang Ronaldo hanya bernilai 114 juta euro.

"Keduanya merupakan atlet bagus dan keduanya mempunyai kualitas luar biasa. Kedunya bisa memenangi pertandingan bersama klub atau timnas mereka dengan kemampun mereka sendiri," kata pelatih asal Jerman yang akan menangani Swiss di piala dunia 2014 Ottmar Hitzfeld.

Sementara sebulan lalu Maradona pernah mengatakan, "Messi tidak perlu memenangkan piala dunia untuk menjadi yang terbaik di dunia."

Menurut pemenang piala dunia 1986 itu, "Satu gelar dunia lagi atau kurang tidak bisa menghilangkan penghargaan yang telah diraih Messi."

Musim ini Messi harus melihat Ronaldo mengangkat piala FIFA Ballon d'Or, penghargaan untuk pemain terbaik dunia yang musim lalu dimenangkan Messi. Piala dunia kali ini merupakan kesempatannya untuk menambah tropi di karirnya.

Sedangkan Ronaldo datang ke piala dunia setelah memenangi tropi pertama Liga Champions sejak 12 tahun, dan harus berjuang dengan masalah paha dan lutut.

Menilai pemain dari era yang berbeda memang mustahil, tetapi Pele mengatakan dia bisa tampil lebih baik karena wasit memberikan penyerang semacam perlindungan.

"Pada era saya, kami tidak mendapatkan perlindungan yang sama seperti sekarang. Saya kira dengan peraturan seperti saat ini sama bisa mencetak lebih dari 1000 gol," kata Pele beropini.

Siapapun, Messi atau Ronaldo yang akan dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia tidak akan pernah mengakhiri perdebatan.

Dua tahun lalu Ronaldo pernah mengatakan, "Kamu tidak bisa membandingkan Ferrari dengan Porsche karena keduanya memiliki mesin yang berbeda."

Namun, jika salah satunya bisa menjadi juara piala dunia akan menghapus pendapat yang mengatakan sebelum mereka mendapatkan tropi piala dunia, mereka tidak akan bisa disejajarkan dengan Pele dan Maradona.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014