Dengan adanya kantor-kantor pemerintah di atas perbukitan nantinya akan menjadi daya tarik bagi orang luar yang ingin melihat panorama alam pegunungan dan Lautan Hindia dari atas perbukitan yang cukup indah memesona."
Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan membangun kompleks perkantoran di perbukitan Gampong (desa) Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan.

"Pembangunan perkantoran di perbukitan dalam rangka perluasan serta memperindah Kota Tapaktuan menjadi ibu kota kabupaten yang representatif," kata Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra di Tapaktuan, Senin.

Tahap pertama, kata dia, pada 2014 ini akan dibangun dua kantor yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang sumber anggarannya berasal dari APBN dan otonomi khusus.

Dipilihnya kawasan perbukitan Gampong Lhok Bengkuang menjadi lokasi pembangunan kantor pemerintah, sebut dia, karena di daerah itu terdapat lahan dataran yang cukup luas, sehingga dinilai strategis untuk dibangun kompleks perkantoran.

Sebab, bukit yang berlokasi persis di atas jantung Kota Tapaktuan itu juga berhadapan langsung dengan lautan Samudera Hindia, sehingga dinilai akan membangkitkan semangat atau etos kerja para pegawai dan juga masyarakat umum ketika melihat pemandangan alam yang memesona.

Bupati mengatakan, program pembangunan sejumlah kantor di kawasan perbukitan itu adalah sebagai upaya Pemkab Aceh Selatan untuk pengembangan kawasan Kota Tapaktuan sebagai ibu kota kabupaten yang mulai padat dari bangunan gedung pemerintah dan rumah masyarakat.

"Dengan adanya kantor-kantor pemerintah di atas perbukitan nantinya akan menjadi daya tarik bagi orang luar yang ingin melihat panorama alam pegunungan dan Lautan Hindia dari atas perbukitan yang cukup indah memesona," ujar bupati.

Terkait sarana jalan ke kawasan perbukitan, Bupati memaparkan, untuk sarana jalan menuju ke kawasan kantor di atas perbukitan, nantinya akan dibangun jalan dua jalur.

"Untuk sarana jalan, nantinya akan kita bangun jalan dua jalur dan jalan melengkung dari atas bukti hingga ke lereng-lereng, supaya memudahkan masyarakat melakukan aktivitas dengan adanya jalan itu," papar HT Sama Indra.  (HSA/Z002)

Pewarta: M Haris SA
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014