... Teluk Youtefa Abepura, misalnya, ada sekitar 25 potensi wisata di sana yang belum digarap... "
Jayapura (ANTARA News) - Hampir sekitar 50 kawasan potensi wisata di Kota Jayapura, Provinsi Papua belum digarap, salah satu masalahnya adalah dana dan investor.

"Potensi wisata itu di antaranya potensi wisata bahari, hutan lindung, dan potensi wisata kawasan hutan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw, di Jayapura, Selasa.

Potensi wisata teluk di Jayapura juga belum dikelola secara baik. "Di Teluk Youtefa Abepura, misalnya, ada sekitar 25 potensi wisata di sana yang belum digarap, belum lagi hutannya seperti kawasan hutan di Gunung Cyklop," ujarnya.

Potensi wilayah kawasan pantai juga belum dikelola. "Kami baru kelola dua pantai yakni Pantai Hamadi, Pantai Base G, dan Pantai Holtekamp" katanya.

Menurut dia, sebenarnya pihaknya bukan tidak mau mengelola potensi itu namun kekurangan biaya. "Kami butuh bantuan dari pihak swasta untuk mengembangkan," ujarnya.

Dia mengatakan, sementara ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura mendata puluhan kawasan itu dan dimasukkan dalam program Badan Perencanaan Daerah Kota Jayapura. "

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014