Jakarta (ANTARA News) - Sama halnya saat mengikuti kompetisi lainnya, mengikuti kompetisi fotografi memerlukan sejumlah bekal agar kelak bisa mendulang hasil maksimal.

Fotografer profesional yang banyak berkecimpung di bidang wisata budaya, Tirto Andayanto membeberkan sejumlah tips-nya. 1. Perhatikan korelasi antara foto, judul foto dan tema yang diberikan pihak penyelenggara.

"Dalam sebuah kompetisi yang dinilai ialah ada tidaknya korelasi antara foto, judul foto dan tema yang diberikan (penyelenggara)," kata Tirto di Jakarta, Selasa.

2. Jangan lupa cari foto yang sebelumnya belum pernah dipotret orang lain.

3. Perhatikan teknik yang digunakan dalam memotret. "Kalau dia (fotografer) pakai digital imaging, sudah pasti lewat dia (tidak lolos), karena itu masuknya pada desain grafis," katanya.

4. Usahakan pada foto yang kita ambil disisipkan informasi yang kuat. Di sinilah, kata Tirto, pentingnya suatu caption. "Membuat caption itu sederhana, cukup 5 W (who, what, where, why dan when) dan 1 H (how). Ini logika seorang yang pegang kamera. Setiap liat objek tolong 5 W+1H. Identitas diperlukan di situ," ujar Tirto.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014