Ouagadougou (ANTARA News) - Diplomat veteran Michel Kafando telah terpilih sebagai presiden sementara Burkina Faso dan akan menjadi kepala negara sampai dengan 2015, kata para pejabat di negara Afrika Barat itu.

Kafando dipilih setelah beberapa jam perundingan, yang dimulai pada hari sebelumnya.

"Kandidat konsensus adalah Michel Kafando," kata Ignace Sandwidi, seorang perwakilan dari Gereja Katolik, yang terlibat dalam diskusi untuk mendapatkan pemimpin baru.

Kafando, 72, menjabat sebagai duta besar negara itu untuk PBB dari 1998 sampai 2011. Sebelumnya ia adalah menteri luar negeri Burkina Faso antara 1981 dan 1982.

Kafando lebih disukai dibanding kandidat lainnya, termasuk wartawan Cherif Sy dan sosiolog serta mantan menteri Josephine Ouedraogo.

Dia dipilih oleh satu komite terdiri dari 23 pejabat.

Penunjukan Kafando akan diratifikasi oleh Dewan Konstitusi.

Sebelumnya, Uni Afrika menginstruksikan Burkina Faso mendirikan lembaga sementara dan memilih presiden sementara pada Senin atau menghadapi sanksi-sanksi.

Pemilihan dijadwalkan akan diadakan pada November tahun depan, mengembalikan negara ke pemerintahan sipil setelah penguasa lama Blaise Compaore digulingkan pada Oktober, demikian seperti dikutip dari AFP.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014