Kami akan bermain dengan didukung kekuatan fisik yang memadai, karena besok kami bertekad bertanding dengan determinasi tinggi.
Firenze (ANTARA News) - Iming-iming memori serba indah dari rentetan kemenangan demi kemenangan jelas-jelas tidak ingin meninabobokan pasukan Juventus.

Laga bola di arena Liga Italia (Serie A) tidak jarang menjungkirbalikan hitungan-hitungan mendekati pasti, sementara sepak bola layaknya oase kemungkinan menyediakan kalah, menang, dan imbang.

Memang, I Bianconeri alias Sang Putih-Hitam menorehkan hasil mentereng. Dalam bandul waktu November 2014, Juve menundukkan Empoli 2-0, Olympiacos 3-2, Parma 7-0, Lazio 3-0, Malmo 2-0, dan Torino 2-1.

Rentetan kemenangan ini selayaknya menyemangati Carlos Tevez dan kawan-kawan manakala meladeni Fiorentina dalam laga yang digelar di Stadion Artemio Franchi, pada Sabtu dinihari, pukul 02.45 WIB. Pertandngan itu akan ditayangkan oleh Kompas TV.

Ya, Fiorentina menjamu Juventus. La Viola, julukan bagi Fiorentina di bawah asuhan pelatih Vincenzo Montella tidak ingin mengalah begitu saja ketika melawan Juve di bawah arahan pelatih Massimiliano Allegri.

Kubu Fiorentina bertekad tampil ngotot, sementara kubu Juventus bertekad mengamankan jarak poin mereka dengan AS Roma. Jika memang Pirlo dan kawan-kawan beroleh tiga poin penuh maka mereka menyabet enam poin. Tentu, AS Roma perlu berhitung secara lebih cermat.

Bertanding tandang ke Florence, bagi sanubari seluruh penggawa Juventus merupakan momen spesial. Aroma rivalitas mengemuka dan membayangi kedua tim. Kubu skuad Ungu tidak ingin beroleh mimpi buruk manakala melawan skuad Putih-Hitam.

Hanya saja, Juventus menorehkan capaian keren manakala menghadapi Fiorentina. Sejarah mencatat bahwa Sang Putih Hitam meraup 24 kali menang dari 46 kali duel sejak 15 musim kompetisi terakhir. Fiorentina meraih tujuh kemenangan dan 15 laga sisanya berakhir imbang.

Racikan Allegri di Juventus terbukti cespleng. Raksasa Turin itu terus membenahi diri dengan melakukan metamorfosa dalam taktik bermain. Mereka toh meraih enam kemenangan dalam perjalanan tempo bulan lalu.

Dengan mencatatkan empat "clean sheets", balatentara Juve membuktikan bahwa kerjasama antar lini makin padu. Allegri bahkan disebut-sebut mampu meniup angin segar di ruang ganti skuad asuhannya.

Juventus jelas-jelas menyimpan ambisi  dengan meraih enam kali kemenangan berturut-turut selama mengarungi Serie A jika memang mereka mengalahkan Fiorentina. Motivasi inilah yang bakal ditiupkan Allegri kepada para pemainnya.

Bagi kubu Montella, mereka terus berjuang meraih asa kesempurnaan. Bukan tidak mungkin, korban kali ini justru skuad raksasa seperti Juventus. Di ajang Liga Eropa, catatan Fiorentina boleh dibilang mengkikap, karena belum pernah menelan kekalahan.

Pasukan Fiorentina bahkan mampu menceploskan empat gol tanpa balas ke gawang Cagliari, sementara Juventus perlu bersiap menghadapi Atletico Madrid di ajang Liga Champions pada pekan mendatang.

Komentar dua pelatih:

* Vincenzo Montella (Fiorentina):
"Mereka tim yang belum pernah kalah. Conte mampu memoles tim secara gemilang, dan Allegri tinggal meneruskannya. Juve tampil sebagai tim yang begitu kuat dan kompak di segala lini."

"Hanya saja, kami berusaha menyulitkan mereka dengan menyiapkan sejumlah kejutan dalam susunan pemain. Mereka punya sederet pemain hebat, yang mampu meneror pertahanan kami, sebut saja Tevez sampai Buffon, Pirlo sampai Chiellini."

"Mereka memiliki sederet gelandang handal, dengan lini pertahanan yang kokoh, meski ada sejumlah pemain yang masih absen. Pertandingan ini begitu penting dan menentukan. Kami berusaha tampil maksimal, meski kami tahu bahwa laga bakal berlangsung alot."

* Massimiliano Allegri (Juventus):

"Kami menyiapkan sejumlah opsi dalam menurunkan susunan pemain. Kami punya (Sebastian) Giovinco di lini depan, bersama dengan (Kingsley) Coman, dan (Simone) Padoin yang dapat saja bermain di lini kanan. Hanya saja saya akan terus memantau mereka dalam sesi latihan."

"Ada (Roberto) Pereyra yang dapat turun berperan sebagai gelandang. Kami akan bermain dengan didukung kekuatan fisik yang memadai, karena besok kami bertekad bertanding dengan determinasi tinggi."

Prakiraan susunan pemain:

* Fiorentina (3-5-1-1):

Neto (penjaga gawang), Alonso, Basanta, Gonzalo, Pizarro; Joaquin, Cuadrado, Savic, Valero; Fernandez, Gomez

* Juventus (4-3-2-1):
Storari (penjaga gawang); Lichtsteiner, Evra, Chiellini, Bonucci; Marchisio, Pirlo, Vidal, Pogba; Llorente, Tevez

Data dan fakta:
* Ini duel yang ke-151 antara Fiorentina dan Juventus di ajang Serie A.
* Fiorentina hanya menang dua kali dari 25 laga melawan Juventus di Serie A, dengan 12 kali menang dicapai skuat Nyonya Tua.
* Gianluigi Buffon pada tahun lalu kebobolan empat kali ketika melawan Fiorentina di Artemio Franchi.
* Jumlah gol ke gawang Buffon ketika menghadapi Fiorentina mencapai 31 gol. Buffon telah turun dalam 365 laga membela Juventus di ajang Serie A.

Lima laga terakhir:
(W= menang; L=kalah; D=imbang)

*Fiorentina: WWWLD

30/11/14 Cagliari Calcio 0 - 4  Fiorentina
27/11/14  Avant Guingamp 1 - 2 Fiorentina
23/11/14 Hellas Verona 1 - 2  Fiorentina
9/11/14  Fiorentina  0 - 1  SSC Napoli
6/11/14  Fiorentina  1 - 1  PAOK Thessaloniki

Juventus: WWWWW

30/11/14  Juventus FC 2 - 1  Torino FC
26/11/14  Malmö FF   0 - 2  Juventus FC
22/11/14  SS Lazio     0 - 3  Juventus FC
9/11/14   Juventus FC 7 - 0  Parma FC
4/11/14   Juventus FC 3 - 2  Olympiakos CFP

Head To Head:
 
3/20/14  Fiorentina  0 - 1 Juventus FC
3/13/14  Juventus FC 1 - 1 Fiorentina
3/9/14    Juventus FC 1 - 0 Fiorentina
10/20/13 Fiorentina  4 - 2  Juventus FC
2/9/13    Juventus FC 2 - 0  Fiorentina

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Fiorentina 0 - 2 Juventus FC
* Fiorentina 1 - 2 Juventus FC
* Fiorentina 1 - 3 Juventus FC

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Fiorentina: 1
* Juventus: 2

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014