Jakarta (ANTARA News) - Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, tercatat dalam kondisi siaga.

Sejak pukul 06.00 WIB, tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan mengalami kenaikan dari 184 sentimeter lalu naik menjadi 197 sentimeter pada pukul 07.00 WIB dan naik lagi menjadi 204 sentimeter pada pukul 08.00 WIB.

Pukul 09.00 WIB BPBD DKI Jakarta mencatat tinggi muka air pintu air Pasar Ikan mencapai 218 sentimeter. Pada pukul 10.00 WIB menyentuh angka 210 sentimeter.

Kondisi tersebut menyebabkan beberapa wilayah di DKI Jakarta terancam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan wilayah yang akan terdampak antara lain: Cilincing, Kalibaru, Koja, Lagoa, Tanjung Priok, Kebon Bawang, Ancol, Penjaringan, Pluit, Kapuk Muara dan Kamal Muara.

Berbeda dengan di Pasar Ikan, kondisi sejumlah pintu air di Jakarta seperti Bendung Katulampa, Manggarai, Pluit, Cipinang Hulu, dan Pulogadung, terpantau aman.

Sementara itu, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan berawan dan hujan ringan dari pagi hingga malam hari namun berpotensi hujan lebat disertai petir di beberapa wilayah pada siang hari.

Selain Pintu Air Pasir Ikan, 11 pintu air lain masih dalam keadaan aman atau siaga IV. Pantauan Pusdalops BPBD DKI Jakarta hingga pukul 10.00 WIB ketinggian muka air di beberapa pintu air sebagai berikut:

Bendung Katulampa 30 senti meter Siaga IV
Pos Depok 115 senti meter Siaga IV
PA Manggarai 650 senti meter Siaga IV
PA Karet 380 senti meter Siaga IV
Pos Krukut Hulu 75 senti meter Siaga IV
Pos Pesanggrahan 85 senti meter Siaga IV
Pos Angke Hulu 60 senti meter Siaga IV
Waduk Pluit 175 senti meter Siaga IV
Pos Cipinang Hulu 75 senti meter Siaga IV
Pos Sunter Hulu 50 senti meter Siaga IV
PA Pulo Gadung 370 senti meter Siaga IV.


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015