Athena (ANTARA News) - Sergio Markarian ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Yunani, kata Federasi Sepak Bola Yunani (EPO) pada Kamis.

Pria asal Uruguay berusia 70 tahun itu menggantikan Claudio Ranieri yang berasal dari Italia, yang dipecat setelah hanya tiga bulan menduduki posisinya menyusul start buruk Yunani pada kualifikasi Piala Eropa 2016.

"Tuan Sergio Markarian adalah pelatih baru tim nasional menyusul keputusan mutlak dari dewan EPO dan rekomendasi (mantan kapten Yunani) Tuan Giorgos Karagounis," demikian pernyataan EPO.

"Kontrak itu...akan berlaku sampai Desember 2015 dan akan diperpanjang sampai Juli 2016 jika tim lolos ke putaran final Piala Eropa."

Mantan pemain internasional Yunani Nikos Kostenoglou ditunjuk sebagai salah satu asisten pelatih Markarian.

Ranieri ditunjukkan pintu keluar pada November menyusul kekalahan kandang 0-1 memalukan dari Kepulauan Faroe, yang membuat Yunani menduduki posisi juru kunci kualifikasi Grup F.

Makarian, yang mendapat julukan El Mago (Sang Tukang Sulap) untuk pendekatan taktiknya, memenangi gelar-gelar domestik dengan sejumlah klub di Paraguay, Chile, dan Peru, dan pekerjaan terakhirnya adalah bersama timnas Peru.

Saat berkiprah di Yunani, ia pernah melatih Ionikos, Panathianikos, dan Iraklis, ia juga populer dengan apa yang disebutnya sebagai sepak bola "tsuku tsuku" yang banyak meraih kemenangan dengan skor tipis. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015