Tangerang (ANTARA News) - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah meminta kepada petugas kebersihan untuk tidak libur meski suasana lebaran.

"Sampah harus tetap diangkut setiap hari. Apalagi daya konsumsi masyarakat alami peningkatan. Petugas harus bisa mengantisipasi dengan mencari petugas pengganti yang mudik," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa.

Kemudian, untuk pelayanan kesehatan, Wali Kota juga meminta agar tetap berjalan karena urusan sakit tidak bisa ditunda-tunda.

"Rumah sakit dan puskesmas harus tetap siaga 24 jam saat lebaran nanti. Silakan atur operasionalnya selama libur lebaran," katanya.

Lalu, mengingat sering terjadinya kebakaran saat rumah ditinggal mudik. Ia meminta kepada para camat dan lurah untuk memberitahu warganya agar meninggalkan rumah dalam kondisi yang aman.

"Informasikan warga supaya matikan listrik-listrik rumah yang ditinggal mudik, biar nggak terjadi hubungan pendek dan tenang mudiknya," ujarnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang, Ivan Yudhianto, mengatakan, untuk pengangkutan sampah selama lebaran telah diantisipasi.

Pihaknya sudah membentuk dua tim yakni tim wilayah Barat meliputi Kecamatan Cibodas, Jatiuwung, Priuk, Karawaci, Neglasari, Benda.

Kemudian, tim Wilayah Timur meliputi Tangerang, Cipondoh, Larangan, Karang Tengah, Pinang, Ciledug dan Batu Ceper.

"Kami akan maksimalkan seluruh armada dan petugas kebersihan yang ada untuk senantiasa menjaga kebersihan di Kota Tangerang, khususnya di hari libur," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Roostiwie menuturkan, puskesmas akan tetap memberikan pelayanan selama masa libur lebaran.

"Puskesmas akan tetap siaga untuk berikan pelayanan. Kami sudah atur petugas-petugasnya," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015