Austin (ANTARA News) - Juara bertahan Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia ketiganya, Minggu, setelah secara dramatis berlomba meraih kemenangan dalam Grand Prix Amerika Serikat dalam kondisi menegangkan.

Pebalap Inggris berusia 30 tahun, yang start di posisi kedua itu, unggul 2.850 detik atas rekan setimnya Nico Rosberg untuk meraih kemenangan ke-10nya musim ini.

Poin Hamilton sekarang tidak terkalahkan dengan total 327 poin, membuatnya tidak terkejar oleh Rosberg, yang finis di urutan kedua, dan empat kali juara Sebastian Vettel dari Ferrari, yang berada di urutan ketiga.

Namun Hamilton berutang atas kemenangannya itu, pada kesalahan sendiri yang dilakukan Rosberg pada lap ke-49 ketika ia melakukan kekeliruan dan melaju melebar pada tikungan 15 saat keduanya berduel untuk memimpin.

Kesalahan itu memberi keunggulan dan kemenangan bagi Hamilton, serta mahkota juara ketiganya.

"Ini momen terbesar dalam hidup saya," kata Hamilton melalui radio mobilnya.

"Terika kasih banyak semuanya, saya sangat berterima kasih pada Anda semua. Dan kepada keluarga saya saya mencintai kalian semua. Terima kasih," katanya seperti dikutip AFP.

Pebalap remaja asal Belanda Max Verstappen finis di urutan keempat untuk Toro Rosso mengungguli Sergio Perez dari Force India, Carlos Sainz di tempat kedua Toro Rosso, Jenson Button dari McLaren dan Pastor Maldonado urutan delapan untuk Lotus.

Felipe Nasr berakhir di urutan sembilan bagi Sauber dan pebalap Australia Daniel Ricciardo urutan 10 untuk Red Bull, dua kali melewati dua kali juara Fernando Alonso dari McLaren pada lap terakhir.

Kemenangan Hamilton membuatnya menyamai rekor Jackie Stewart yang merupakan satu-satunya pebalap Inggris yang memenangi tiga gelar juara dunia untuk pebalap dan yang pertama menjadi juara dunia dua kali berturut-turut.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015