Tokyo (ANTARA News) - Saham-saham Tokyo dibuka naik 1,12 persen pada Senin, didukung sentimen positif setelah Tiongkok menurunkan suku bunganya dan di tengah spekulasi bahwa bank sentral Jepang bisa meluncurkan stimulus baru minggu ini.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo naik 210,83 poin menjadi 19.036,13 dalam pembukaan penawaran.

Saham-saham AS berakhir naik tajam pada Jumat lalu, karena sentimen investor melonjak didorong laba positif dari perusahaan-perusahaan teknologi besar AS dan keputusan Tiongkok memangkas

suku bunganya untuk melawan pelambatan ekonomi terbesar di Asia itu.

"Tiongkok membawa berbagai langkah-langkah pelonggaran setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengisyaratkan pelonggaran tambahan, dan kami masih memiliki harapan bahwa Jepang mungkin melakukan sesuatu pada pertemuan bank sentral Jepang (BoJ) pada akhir pekan ini," Hiroaki Hiwada, analis di Toyo Securities Co, mengatakan kepada Bloomberg News.

"Kami akan kekurangan faktor-faktor positif di pasar, tetapi ini akan terlihat menguntungkan."

BoJ bertemu Jumat untuk pertemuan pengaturan kebijakan yang juga bisa melihatnya memangkas prospek pertumbuhan dan inflasinya untuk ekonomi nomor dua di Asia itu, setelah serangkaian data tampak lemah.

Jepang dijadwalkan akan merilis data produksi industri bulanan terbaru pada Kamis, yang para ekonom lihat sebagai penentu untuk keputusan BoJ apakah akan menambah stimulus moneter tambahan.

Bank terakhir memperluas program stimulus moneternya 80 triliun yen (665 miliar dolar AS) pada Oktober tahun lalu.

Juga dalam fokus adalah laporan laba dari sejumlah perusahaan termasuk Nintendo, Sony, Japan Airlines dan Hitachi, dengan para investor mengawasi pertemuan dua hari Federal Reserve mulai Selasa.

Sentimen pasar di AS dan zona euro menguat pada Jumat didorong oleh berita bahwa bank sentral Tiongkok (PBoC) memangkas suku bunganya sebesar 0,25 persentase poin dan menurunkan rasio giro wajib minimum (GWM) sebesar 0,50 persentase poin.

Dow Jones Industrial Average naik 0,90 persen, sedangkan indeks

berbasis luas S&P 500 naik 1,10 persen dan indeks komposit teknologi Nasdaq melonjak 2,27 persen.

Di pasar uang, dolar jatuh menjadi 121,14 yen dari 121,46 yen pada Jumat lalu di New York.

Euro diperdagangkan bervariasi pada 1,1028 dolar dan 133,59 yen dari 1,1016 dolar dan 133,80 yen di perdagangan AS.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015