Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama akan menggelar Shalat Istisqa di Masjid Istiqlal, Jakarta, besok (Minggu, 1/11) atau bertepatan dengan tanggal 19 Muharram1437 H.

Menurut keterangan pers dari Kemenag, Sabtu, pelaksanaan Shalat Istisqa dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB, dengan Khatib Rais Syuriah PBNU KH Maruf Amin yang juga adalah Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Shalat memohon agar diturunkan hujan itu akan dipimpin oleh Imam Masjid Istiqlal yang juga dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, H Hasanudin Sinaga.

Kemenag mengimbau masyarakat Jakarta dan sekitarnya agar ikut serta bersama-sama melaksanakan Shalat Istisqa tersebut yang rencananya juga diikuti oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sebelumnya, untuk menyikapi musim kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan di berbagai daerah, Menag telah membuat imbauan agar umat Islam melaksanakan Shalat Istisqa (meminta diturunkannya hujan kepada Allah swt) secara massal.

Atas imbauan Menag tersebut, berbagai daerah yang diinisiasi Kanwil Kemenag provinsi telah melaksanakan shalat tersebut, di antaranya di Provinsi Kalimantan Selatan yang diikuti ribuan umat Islam.

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015