Banjarmasin (ANTARA News) - Para pasukan kuning atau petugas kebersihan Banjarmasin, Kalimantan Selatan mendapat berkah atas diraihnya penghargaan Adipura dengan mendapat kenaikan honor.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin Mukhyar, Rabu, mengatakan, sebanyak 1.200 orang lebih petugas kebersihan di kotanya akan dinaikkan honornya sebesar Rp100 ribu pada 2016 nanti.

Menurut dia, kenaikan ini diberikan Pemkot karena kerja maksimal mereka di lapangan hingga terwujudnya penghargaan Adipura yang diserahkan pada 24 Oktober lalu, dan ini merupakan impian 20 tahun lamanya, sebab terakhir pernah diraih pada 1995 silam.

"Anggaran peningkatan honor petugas kebersihan ini sudah kita ajukan di RAPBD 2016, moga disetujui semuanya," ucapnya.

Dikatakan Mukhyar, dipilihnya menaikan honor tersebut karena diterima secara berkelanjutan, dibandingkan memberikan memberikan reward.

"Kalau reward hanya sekali saja, sedangkan kenaikan honor berkelanjutan, hingga kesejahteraan mereka bisa sedikit terbangu" ujarnya.

Menurut dia, honor petugas kebersihan variatif tergantung jenis pekerjaan. Ada penyapu jalan, dan pengangkut/sopir.

Misalnya, tutur Mukhyar, honor bagi petugas penyapu jalan yang semula menerima Rp1 juta, sejak tahun depan menjadi Rp1,1 juta.

"Tidak hanya itu, petugas kebersihan Banjarmasin juga sudah mendapatkan jaminan asuransi," ucap Mukhyar.

Dengan adanya kenaikan honor ini, dia berharap, kerja petugas kebersihan makin maksimal, hingga bisa mempertahankan penghargaan kota terbersih dan terteduh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ini.

Pewarta: Sukarli
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015