Jakarta (ANTARA News) - Layanan peta dan navigasi Google Maps memperkenalkan fitur terbaru yakni indoor maps yang dalam peluncuran perdananya bisa diakses untuk denah 60 tempat populer di Indonesia.

Keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan fitur tersebut meliputi 60 tempat populer baik itu mal, bandara, museum bahkan universitas di 13 kota di Indonesia telah mengintegrasikan denah ruangan mereka ke dalam Google Maps.

Beberapa di antaranya adalah Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Centre, Grand Indonesia Shopping Town dan Museum Nasional Indonesia.

Baca : Google Maps kini beri petunjuk layaknya orang Indonesia

Dengan navigasi detail lantai per lantai, fitur tersebut akan memberikan kemudahan bagi anda yang mungkin perlu menemukan gerbang keluar masuk, gerai toko, ATM atau toilet kala kesulitan atau bahkan tidak mendapati adanya meja informasi.

Denah lantai yang mendetail akan muncul secara otomatis saat pengguna melakukan zoom in di gedung atau lokasi yang telah tersedia. Serupa dengan pengalaman saat menggunakan Google Maps, pengguna akan melihat simbol titik biru yang berkedap-kedip sesuai titik di mana ia berdiri dan apabila ia berpindah lantai misalnya, Google Maps akan memperbarui lokasinya.

"Kami menyambut baik kesempatan bekerjasama dengan Google dalam meluncurkan Indoor Maps di Indonesia. Dengan jumlah pengguna ponsel pintar yang terus bertambah, hal ini membuka kesempatan lebih besar bagi konsumen untuk menemukan jasa atau bisnis yang mereka butuhkan, begitu pun sebaliknya," kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat.

Fitur Indoor Maps, merupakan pembaharuan keempat Google Maps sepanjang tahun ini, setelah info kemacetan real-time 23 kota Indonesia jelang musim mudik Idul Fitri 1436 H, fitur lajur dan landmark pada September lalu dan fitur navigasi offline pada November lalu.

"Fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna di Indonesia, baik turis maupun masyarakat setempat. Dengan liburan akhir tahun sudah di depan mata, kami berharap Indoor Maps akan membuat pengalaman Anda dalam menikmati dan menjelajahi Indonesia lebih menyenangkan lagi," kata Manajer Produk Google Maps Google, Nikhil Vaishnavi.

Fitur Indoor Maps juga membuka kesempatan bagi para pemilik gedung maupun tempat bisnis untuk memperkaya kontennya dengan mengunggah denah gedung mereka lewat http://maps.google.com/help/maps/floorplans/.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015