Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah konsumen di Jakarta memanfaatkan diskon yang ditawarkan e-commerce saat Hari Belanja Online Nasional yang diadakan pada 10-12 Desember.

"Lihat diskonnya juga, jadi murah," kata Frita Oktaviyani, ibu rumah tangga, saat diwawancara Antara News di Jakarta.

Ia mengaku awalnya tidak mencari khusus suatu barang, setelah melihat-lihat dan menemukan sepatu yang sedang diskon hampir 50 persen, ia pun membelinya.

Aditya Ramadhan, 24, juga memanfaatkan potongan harga untuk mencari perlengkapan bayi.

"Karena lihat diskon," kata dia.

Lain lagi dengan Stella Anggraini, yang kebetulan sedang mencari sepatu saat Harbolnas.

"Memang lagi butuh, sudah itu pas banget lagi diskon," kata dia.

140 pelaku industri e-commerce menawarkan diskon hingga 90 persen selama Harbolnas kali ini.

Lazada Indonesia memberikan diskon hingga 90 persen untuk beberapa produk seperti jam tangan, Berrybenka menawarkan diskon 80 persen + 92 persen hingga 15 Desember.

Situs baju muslim HijUp.com menawarkan promo 70 persen ditambah dengan potongan harga pada pembelanjaan senilai Rp 250.000.

Sejumlah situs fesyen pun menggelar promosi "Buy 2 Get 1 free" untuk semua produk.

Tawaran potongan harga yang menggiurkan membuat Anggun Larasati, salah satu karyawati perusahaan swasta di daerah Jakarta Selatan mengaku harus fokus menentukan barang yang diperlukan saja.

"Ada yang nggak kepingin beli tapi karena diskonnya gila jadi mau," kata Anggun yang sedang mencari pakaian kerja dan olahraga.

Diskon besar-besaran membuat konsumen harus pintar-pintar memilih barang yang hendak mereka beli, Frita misalnya, lebih memilih membeli barang bermerk yang sudah ia ketahui kualitasnya.

"Kalau nanti nggak suka, jual lagi pasti ada yang mau," kata dia.

Budi Darmawan, salah satu karyawan swasta di daerah Jakarta Pusat, sedikit mengkhawatirkan kondisi barang terutama yang dipotong cukup besar.

Meski belum berbelanja, ia sudah mengantisipasi bila barang yang sedang ia incar, seperti tas dan kacamata, memakan waktu yang lebih lama daripada bila belanja di hari biasa.

"Lagipula, barang yang mau saya beli bukan butuh tapi karena penasaran saja," kata Budi yang tertarik memanfaatkan diskon Harbolnas untuk berbelanja.

Meski potongan harga yang ditawarkan cukup besar, tidak semua mereka yang kerap berbelanja online lantas membeli barang-barang diskon.

Frita menceritakan, sang suami tidak membeli apa-apa meski selama Harbolnas hari pertama berlangsung kerap mencari tahu harga gadget.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015