Kami sengaja membedakan Pro dan Plus berdasarkan spesifikasinya
Jakarta (ANTARA News) - Produsen teknologi asal Tiongkok, Telcast, bersama dengan Intel memperkenalkan jejeran tablet terbarunya untuk pertama kali di pasar Indonesia.

"September 2014 Intel dan Teclast berkolaborasi menjadi pioner tablet dengan sistem operasi Windows yang mengubah tren pasar tablet pada waktu itu. Kami yakin dengan kerjasama ini, produk-produk kami akan menjadi tren di pasar tablet," kata Sun Wu An, General Manager Teclast, dalam temu media, di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut Sun bersama Head of Business and Development Intel Indonesia, Fernando Uffie, memperkenalkan empat tablet terbaru yang dibekali prosesor Intel Atom X5 yaitu X98 Pro, X16 Pro, X98 Plus dan X80 Plus.

"Ini merupakan langkah kongkrit Teclast dan Intel dalam teknologi. Teknologi tidak lagi disebut hal yang diawang-awang ataupun hal yang mahal, tapi kini teknologi hadir bagi masyarakat," ujar dia.

X98 Pro
Tablet X98 Pro dipersenjatai prosesor Intel Atom X5-Z8500 dengan teknologi 14nm dan menggunakan arsitektur 64 bit serta frekuensi utama hingga 2.24GHz.

Perangkat tersebut juga dibekali RAM 2GB, Intel 8 HD Graphics yang terintegrasi dengan 12 EU core dan telah didukung sistem operasi Windows 10.

X16Pro
Teclast X16 Pro mengadopsi prosesor Intel Atom X5-Z8500 dengan frekuensi utama hingga 2.24GHz, Gen 8 HD Graphincs terintegrasi, RAM 4GB dan ROM 64GB, serta sistem operasi Windows 10 dan Android 5.1 yang dapat diubah hanya dengan satu tombol switching.

Tablet 2-in-1 yang mengusung layar IPS full HD 11, 6 inci itu juga didukung pena stylus dan dilengkapi docking keyboard yang dapat mengubah tablet menjadi laptop.

X98 Plus
X98 Plus dibekali Intel Atom X5-Z8300, teknologi 14nm, Gen 8 HD Graphics yang terintegrasi dengan 12 EU core, 4GB DDR3L RAM dan 64GB eMMC ROM.

Tablet yang mengusung layar IPS Air Retina 9,7 inci dengan resolusi 2048x1536 itu juga telah dibekali sistem operasi Windows 10.

X80 Plus
X80 Plus mengadopsi proseosr Intel Atom X5-Z8300 dengan Intel Gen 8 HD Graphics terintegrasi dan sistem operasi Windows 10. Perangkat tersebut juga dilengkapi RAM 2GB dan ROM 32GB.

Tablet berlayar 8 inci yang juga didukung slot dual SIM itu dibandrol dengan harga Rp 999.000.

"Kami sengaja membedakan Pro dan Plus berdasarkan spesifikasinya. Pro ditujukan untuk pelanggan yang menyukai produk-produk high-end, sedangkan Plus untuk pelanggan yang memperhatikan harga yang kompetitif," ujar Yang Yi, Brand Director Teclast.

Untuk harga, Yang mengatakan jajaran tablet Teclast tersebut dibandrol dengan harga jauh lebih murah dibanding Apple. "Perkiraan harga, satu perangkat Apple berlayar 9,7 inci dapat tiga tablet Teclast," kata dia.

Meski ditawarkan dengan harga lebih miring, Yang meyakinkan bahwa tablet Teclast tidak kalah dengan perangkat Apple maupun Samsung. "90 persen bisa menyaingi produk apple dan samsung," pungkas dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015