Merak (ANTARA News) - Kendaraan pribadi yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung untuk mengisi liburan sekolah, natal dan tahun baru mememadati Pelabuhan Merak.

Dari pantauan, Kamis, ribuan kendaraan pribadi memadati lima Dermaga Pelabuhan Merak sambil menunggu diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Antrian kendaraan pribadi sejak dinihari mengular di jalan Cikuasa Atas hingga Pelabuhan Merak.

Kebanyakan kendaraan pribadi tersebut untuk mengisi liburan sekolah, Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

"Semua penumpang pejalan kaki maupun kendaraan pribadi bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatera," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Mario Sardadi Oetomo di Merak, Kamis.

Menurut dia, arus kendaraan pribadi yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak meningkat sejak empat hari lalu, karena mereka mengisi liburan sekolah juga berbarengan perayaan Natal dan tahun baru.

Saat ini, penyeberangan berjalan lancar dengan menyiapkan armada kapal "roll on roll of" atau Roro sebanyak 46 unit.

ASDP menargetkan perjalanan pulang pergi sebanyak 90 trip setiap harinya.

Pada H-1 Natal diperkirakan penumpang pejalan kaki mencapai 36.000 orang dan kendaraan pribadi 7.300 unit dan sepeda motor 1.500 unit per hari.

Kemungkinan penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi terus berdatangan melalui Pelabuhan Merak sampai malam nanti.

"Penyeberangan Merak-Bakauheni pada H-1 Natal didominasi kendaraan pribadi, sepeda motor dan truk berkurang," katanya.

Meskipun Pelabuhan Merak ini terganggu oleh cuaca di Selat Sunda namun penyeberangan berjalan normal.

ASDP, kata Mario, tetap berupaya untuk mengutamakan pelayanan dan keselamatan kepada para penumpang maupun kendaraan pribadi.

"Kami menjamin seluruh penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya.

Sementara itu, sejumlah sopir kendaraan pribadi mengeluhkan antrian kendaraan yang terjadi sejak dinihari itu masih tertahan di Dermaga V Pelabuhan Merak.

"Kami berharap malam ini bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung," kata Mulyadi, seorang sopir yang hendak merayakan liburan tahun baru di Palembang.

Pewarta: Mansyur
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015