Purwakarta (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek memasuki libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan perayaan Natal, Kamis siang menjelang sore, padat hingga mengakibatkan kemacetan.

Seorang pengendara, Nanang, mengaku sudah terjebak macet di jalan tol menuju Cikampek setelah dirinya masuk melalui gerbang Tol Cakung, Jakarta Timur.

"Macetnya parah, baru masuk tol sudah langsung terjebak macet," kata dia, di Purwakarta.

Di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju Cikampek, arus lalu lintas cukup padat. Meski sempat berjalan, itu pun tersendat dan kecepatan kendaraan hanya mencapai 20-30 kilometer per jam.

Kondisi itu cukup "menyiksa" pengendara. Sebab, di sepanjang jalan tol tersebut, mereka tidak bisa beristirahat di "rest area" karena kondisi "rest area" penuh.

Petugas juga memberlakukan sistem buka tutup ke sejumlah titik rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek, karena kondisi rest area sudah dipadati kendaraan.

"Macetnya parah, sudah seperti musim mudik saja," kata Nanang.

Ia mengaku waktu tempuh Jakarta-Cikampek menjadi lama akibat kemacetan tersebut. Biasanya pada hari-hari normal hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam, kini harus membutuhkan 6-7 jam untuk sampai ke gerbang Tol Cikampek.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015