Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan Masjid Jami Al Mubaarokah yang berada di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat, akan dibangun ulang.

Ketika meninjau lokasi penertiban di Kalijodo, Senin, Djarot mengatakan masjid tersebut tetap akan difungsikan sebagai tempat ibadah yang menunjang rencana pembangunan ruang terbuka hijau.

"Disesuaikan desainnya dengan taman di sini nanti," kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menertibkan kawasan Kalijodo yang berada di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat untuk kemudian dijadikan ruangan terbuka hijau, ruang publik terpadu ramah anak, jogging track, dan lapangan futsal.

Masjid Jami Al Mubaarokah di Jembatan II Barat RT 07 RW 10 Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, tidak ikut dibongkar karena dibangun di atas tanah wakaf.

Pemerintah provinsi nantinya akan menjalin komunikasi dengan para pengurus masjid untuk diajak bekerja sama merenovasi tempat ibadah tersebut.

Sementara itu, salah satu warga sekitar Kalijodo, Slamet, mengatakan Masjid Jami' Al Mubaarokah sudah digunakan masyarakat sekitar untuk beribadah sejak tahun 1980-an.

"Dahulu pada awalnya berupa gubug, kemudian dibangun dan direnovasi sendiri oleh warga hingga menjadi seperti sekarang ini," kata pria yang akrab disapa Mat Ompong tersebut.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016