Walkot Pomanto lantik 435 Kepsek di TPA Antang Tamangapa

Walkot Pomanto lantik 435 Kepsek di TPA Antang Tamangapa

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Pelantikan di sini sengaja memilih TPA Tamangapa sebagai lokasi pelantikan bertujuan memberi kesadaran kepada semua pihak agar tidak membuang sampah sembarangan."
Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 435 Kepala Sekolah hasil dari lelang jabatan terbuka dilantik oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Antang Tamangapa Makassar.

"Pelantikan di sini sengaja memilih TPA Tamangapa sebagai lokasi pelantikan bertujuan memberi kesadaran kepada semua pihak agar tidak membuang sampah sembarangan," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, pelantikan diantara gunung sampah ini sekaligus juga mengajarkan kepada kepala sekolah terpilih agar mendukung program pemilahan sampah yang telah kita canangkan ini.

Danny -- sapaan akrab wali kota -- mengaku jika dirinya langsung yang memimpin penataan TPA Antang Tamangapa sekitar seminggu yang lalu dan membongkar tumpukan sampah yang berdampak gas metan menyebar ke kota.

"Seminggu yang lalu kita kerahkan ribuan PNS dan dibantu TNI/Polri untuk membongkar dan menata gunung sampah ini. Penataan itu telah membuat warga tidak nyaman karena bau menyengat. Kami telah minta maaf atas ketidaknyamanan yang dibuat Pemkot Makassar," katanya.

Ratusan kepala sekolah ini sebelumnya adalah hasil lelang jabatan yang digelar Pemkot Makassar sejak akhir Desember 2015 lalu. Para calon kepala sekolah melewati sejumlah tes di antaranya uji kompetensi akademik yang melibatkan guru besar dari berbagai perguruan tinggi di Makassar.

Hasil uji publik kemudian diumumkan lewat koran lokal dengan menjaring aspirasi publik melalui SMS, Facebook dan Twitter maupun aduan langsung ke bagian Humas Sekretariat Daerah kota Makassar, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar.

Alasan mengapa dilantik di TPA Antanga, kata Danny, agar masyarakat memahami bahwa masalah persampahan adalah salah satu masalah utama perkotaan.

Dan untuk merubah mindset masyarakat agar sadar lingkungan dan sadar akan kebersihan haruslah dimulai dengan memberikan pemahaman kebersihan yang berawal dari bangku sekolah

Selain itu, calon kepala sekolah juga telah menjalani tes kesehatan di RSUD Daya, dan tes narkoba (tes urine dasar) di Badan Narkotika Kota Makassar. Kepala sekolah yang dilantik akan mengisi jabatan di 365 SD dan inpres, 39 SMP, 22 SMA dan 9 SMK.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Pemadaman terpadu di TPA Antang dengan sistem sambonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar