Jakarta (ANTARA News) - Gloria DeHaven, aktris yang membintangi parade musikal Hollywood di tahun 1940-an hingga 1950-an meninggal dunia pada usia 91 tahun.

DeHaven, yang muncul pada lebih dari dua lusin film memulai peran kecilnya sebagai anak-anak dalam film bisu terakhir Charlie Chaplin ini.

Ia dikabarkan meninggal pada Sabtu di rumah sakit saat dirawat di Las Vegas, kata seorang agen Scott Stander dalam melalui pesan elektronik.

Menurut Stander, aktris tersebut menderita struk beberapa bulan lalu, dilansir Reuters.

Penyanyi serbabisa itu datang dari keluarga pebisnis pertunjukan , ia berkembang di dunia musikal Hollywood, yakni dari studio Metro - Goldwyn - Mayer , hingga genre tersebut menjadi ketinggalan zaman pada 1950-an.

DeHaven membintangi "Two Girls and a Sailor" (1944) bersama Van Johnson, June Allyson and Jimmy Durante; "Summer Holiday" (1948) bersama Mickey Rooney; "Yes Sir That's My Baby" (1949) bersama Donald O'Connor; "Summer Stock" (1950) bersama Judy Garland dan Gene Kelly; serta "So This Is Paris" (1955) bersama Tony Curtis.

Pada drama musikal "Step Lively" (1944), DeHaven memberikan ciuman pada layar lebar pertamanya kepada aktor Francis Albert Sinatra muda.

Pada akhir 1950-an, karier film DeHaven terhenti, ia kembali ke layar televisi dan bernyanyi di klub malam. Dia kembali ke layar lebar untuk film komedi "Out to Sea" pada 1997 bersama Jack Lemmon dan Walter Matthau.

DeHaven lahir di Los Angeles pada 23 Juli 1925. Dia membuat debut filmnya dengan peran kecil dalam Chaplin "Modern Times" (1936 ) yang dibintangi Paulette Goddard.

"Chaplin membutuhkan dua anak-anak untuk bermain sebagai saudara orang jahat Paulette Goddard," kata DeHaven kepada Toronto Star pada1989.

" Semua yang harus kita lakukan adalah mengenakan pakaian compang-camping, makan pisang dan berakting. Saya pikir, ini adalah bisnis pertunjukan," ungkapnya.

Peran terbaiknya yakni pada komedi musik "Best Foot Forward" ( 1943) .

DeHaven menikah dengan aktor John Payne, yang dikenal sebagai co - star dari film klasik "Miracle on 34th Street" ( 1947) , namun berakhir dengan perceraian . Dia menikah empat kali dengan tiga orang yang berbeda dan memiliki empat anak.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016