Membangun ekonomi maritim adalah janji Presiden Joko Widodo. Pemerintah akan terus membangun infrastruktur, pertahanan laut termasuk sekolah maritim,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah terus mendorong kemajuan sektor perikanan agar dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Membangun ekonomi maritim adalah janji Presiden Joko Widodo. Pemerintah akan terus membangun infrastruktur, pertahanan laut termasuk sekolah maritim," kata Luhut dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu menyampaikan hal tersebut saat meresmikan pabrik PT Dua Putra Utama Makmur di Pati, Jawa Tengah, Rabu.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut juga mengunjungi pengelolaan dan pengolahan ikan pindang di wilayah Juwana, Pati, dan menyempatkan diri menyaksikan proses pelelangan ikan dan berdialog dengan pengrajin ikan pindang.

Ia mengaku akan mencarikan solusi terbaik bagi para nelayan dan pelaku usaha industri perikanan atas masukan dan keluhan yang disampaikan melalui perumusan aturan perikanan.

"Tiap daerah kita ini kan masalah perikanannya berbeda. Di timur ada masalah ini, di Natuna masalahnya lain lagi, di sini mungkin beda masalahnya. Jadi kita harus hati-hati merumuskan peraturan," katanya.

Luhut menuturkan, meski pemerintah mendorong kemajuan industri perikanan, tidak boleh terjadi penangkapan ikan berlebihan (over fishing).

"Menteri Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) sudah berbuat untuk memberantas illegal fishing," ujarnya.

Ada pun terkait investasi asing, ia menegaskan bahwa pihaknya ingin menciptakan peluang bagi para nelayan lokal untuk mempelajari teknologi dari luar negeri hingga 10 tahun ke depan.

"Nelayan kita harus menguasai teknologi yang lebih mutakhir. Tapi, nanti kita lihat lagi bentuk yang tepatnya seperti apa," tutupnya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016