Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ada Operasi Lilin Jaya terpusat pada seluruh polda
Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya dan jajaran kepolisian di wilayah siap mengamankan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 melalui Operasi Lilin Jaya yang berlangsung pada 23 Desember 2016 - 1 Januari 2017.

"Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ada Operasi Lilin Jaya terpusat pada seluruh polda," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Kamis.

Argo mengatakan Operasi Lilin Jaya menyasar pengamanan terhadap masyarakat yang beribadah, pemudik dan warga yang berlibur.

Argo menuturkan kepolisian juga mengamankan lokasi pelabuhan laut, stasiun, terminal dan bandar udara yang diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang.

"Kemudian ada tempat rekreasi seperti Ancol, Monas, TMII, Kebun Binatang Ragunan dan pusat perbelanjaan," ujar Argo.

Argo menyebutkan petugas kepolisian juga mengintensifkan pengamanan pada seluruh gereja yang dijadikan tempat beribadah umat Kristiani.

Argo menambahkan seluruh kepala polsek (kapolsek) diwajibkan mengecek tempat beribadah kemudian berkomunikasi dengan pengurus gereja terkait pengamanan pada malam dan hari H Natal.

Seluruh kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya juga harus mendata dan memberikan perhatian tinggi terhadap gereja yang bermasalah karena persoalan perizinan maupun pertentangan dengan masyarakat setempat.

Selain itu, polisi juga menyiapkan alat pendeteksi logam untuk memimalisir potensi ancaman teror di sekitar gereja.

Terkait jumlah personil, Argo menyatakan kekuatan pengamanan tergantung perkembangan di lapangan sesuai dengan situasi dan kondisi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016