Jakarta (ANTARA News) - Makanan kemasan terkadang bisa menjadi pilihan memenuhi sejumlah kebutuhan nutrisi tubuh.

Namun, sebelum memutuskan pangan kemasan tertentu ada sejumlah strategi yang perlu Anda terapkan agar bisa memetik nilai manfaat dari pangan itu.

Spesialis nutrisi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK mengatakan pertama-tama ingatlah apakah makanan kemasan yang Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan makronutrien dan mikronutrien Anda.

"Ingat apakah makanan tersebut dikonsumsi sesuai kebutuhan makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak lalu mikronutrien yakni vitamin dan mineral," tutur dia di Jakarta, Selasa.

Selanjutnya, pahami peruntukkan pangan itu misal untuk anak atau usia dewasa. Kemudian, perhatikan takaran saji serta bagaimana cara penyajiannya.

"ini untuk memastikan kita bisa mendapatkan manfaat dari makanan yang kita konsumsi. Beberapa nutrisi dalam makanan bisa hilang dengan penyiapan yang tidak benar," tutur Juwalina.

Dalam kesempatan yang sama, pemerhati pangan aman, Halim Nababan mengatakan saat memilih makanan kemasan baca informasi rinci yang tersedia, mulai dari komposisi, nilai gizi, batas kadaluarsa hingga stempel persetujuan dari BPOM.

"Perhatikan informasi rinci, bagaimana produk diperlakukan, meliputi komposisi, nilai gizi, batas kadaluwarsa, disetujui BPOM apa tidak. Ini disebut pangan kemasan aman," kata Halim.

Dia mengingatkan belilah makanan kemasan sesuai kebutuhan dan pahami isi label kemasan makanan.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017