Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 393 calon haji asal Aceh telah diberangkatakan oleh pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang ke Tanah Suci.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Rusli, di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan, jemaah asal Aceh ini  tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 11 Embarkasi Aceh.

"Alhamdulillah, sekitar pukul 6.00 WIB pagi ini, pesawat Garuda yang membawa 393 jemaah Aceh telah take off (lepas landas) langsung menuju bandara di Jeddah, Arab Saudi," kata Rusli.

Kloter 11 Embarkasi Aceh adalah kloter terakhir yang diberangkatkan dari provinsi paling ujung barat Indonesia ini dengan 225 orang atau 64,89 persen calon haji berkondisi kesehatan risiko tinggi..

Rusli mengatakan, terdapat jemaah yang masih dalam penerbangan yakni Kloter 10 dengan membawa 391 orang, terdiri 149 laki-laki  dan 242 perempuan.

Hingga kini, lanjut dia, semua calon haji asal Aceh telah berada di Mekah,, mulai dari Kloter 1 hingga 9, dan Kloter 12 atau kloter campuran dengan jumlah 3.679 orang.

Aceh tahun ini memberangkatkan 4.473 calon haji dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar. Jumlah itu sudah termasuk 34 pemandu haji daerah dan  petugas kesehatan haji daerah, 26 calon haji luar daerah, dan 56 orang petugas kloter.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017