WHO: Gabon bebas dari polio

WHO: Gabon bebas dari polio

Ilustrasi - Vaksinasi polio (REUTERS/Khaled Abdullah)

Libreville (ANTARA News) - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Gabon "bebas dari polio," setelah berkurangnya laporan jumlah kasus baru atau dugaan kasus di negara Afrika tengah itu.

Menurut pernyataan WHO yang diperoleh AFP pada Sabtu (16/12), badan kesehatan PBB itu tetap merekomendasikan langkah-langkah yang diperlukan untuk terus memantau kemungkinan tanda-tanda penyakit tersebut.

Menteri Kesehatan Gabon Denise Mekam'ne Edzidzie juga mendesak keluarga pada Sabtu untuk "terus mengimunisasi anak-anak dan mencegah bangkitnya penyakit ini."

Polio adalah penyakit virus yang sangat menular terutama menyerang anak kecil dan bisa mengakibatkan kelumpuhan permanen. Tidak ada obatnya dan hanya bisa dicegah melalui imunisasi.

Kasus polio telah menurun hingga 99 persen sejak 1988, ketika polio mewabah di 125 negara dan 350.000 kasus tercatat di seluruh dunia.

Sekarang penyakit ini hanya endemik di Afghanistan dan Pakistan, tempat WHO mencatat adanya empat kasus tahun ini -- dua di setiap negara. Tahun lalu, ada 37 kasus di seluruh dunia, demikian seperti dilaporkan AFP. (hs) 

Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar