Seoul (ANTARA News) - Para pejabat logistik Korea Utara tiba di Korea Selatan hari ini setelah beberapa kali dibatalkan yang memicu keraguan akan partisipasi Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Pyeongchang, Korea Selatan.

Stasiun penyiaran Korea Selatan YTN melaporkan bahwa delegasi tiba di Seoul Minggu pagi di bawah kawalan ketat polisi, kemudian menggunakan kereta ke Provinsi Gangwon di mana Olimpiade Musim Dingin diadakan pada 9-25 Februari.

Para pejabat itu akan berada dua hari memeriksa pusat seni di kota Gangneung yang akan menyelenggarakan beberapa cabang olah raga Olimpiade.

Dalam terobosan diplomatik setelah satu tahun ketegangan yang meluas menyangkut program nuklir dan peluru kendali Korea Utara, Pyongyang akan mengirimkan 22 atlet ke Olimpiade Musim Dingin untuk bertandingan pada tiga cabang olah raga dan lima disiplin olah raga, kata Komite Olimpiade Internasional (IOC), kemarin, seperti dikutip Reuters.

Delagasi beranggotakan tujuh pejabat Korea Utara itu dipimpin oleh musisi Hyon Song-wol, dan sudah dijadwalkan Sabtu kemarin untuk memeriksa venue pertujunjukkan seni namun dibatalkan tanpa ada penjelasan.

Para pejabat kedua negara menggunakan hotline lintas batas untuk menjadwalkan kembali kunjungan itu.

Kunjungan ke Korea Selatan itu adalah untuk pertama kali dilakukan pejabat Korea Utara sejak Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berkuasa Mei tahun lalu dan berusaha menguatkan hubungan dengan Utara.

Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018