Bill Gates begadang demi buat game yang disebut "memalukan"

Bill Gates begadang demi buat game yang disebut "memalukan"

Bill Gates (REUTERS/Joshua Roberts)

Jakarta (ANTARA News) - Tahun 80an, Bill Gates muda meyakinkan IBM bahwa Microsoft adalah sistem operasi yang tepat untuk komputer terbaru mereka.

Saat itu, Microsoft tidak benar-benar punya sistem operasi untuk dijual. Gates bergegas membeli dari perusahaan rintisan yang sedang membuat sistem operasi bernama 86-DOS (disk operating system), mengubah namanya menjadi PC DOS lalu menjualnya ke IBM.

Dalam kontrak, IBM meminta Microsoft membuat versi BASIC, bahasa program untuk pemula, beserta beberapa game, seperti diberitakan laman Independent.

Gates ingat saat itu jam 4 pagi, ia dan temannya Neil Konzen sedang di ruangan kecil berisi prototipe komputer IBM.

"IBM bersikeras kami harus punya kunci, cuma ruangan ini yang memiliki kunci. Jadi, kami lakukan semua di situ," kata Gates.

Sambil membuat aplikasi BASIC untuk dipasang di komputer IBM, mereka membuat game DONKEY.BAS, game yang saat itu ia sebut "mendebarkan".

Andy Hertzfeld, seorang karyawan Apple di masa awal, mengenang saat tim Macintosh melihat komputer IBM dan tidak terkesan dengan game yang dipasang di sana.

Ia bahkan menyebut DONKEY.BAS "game paling memalukan" karena konsep dan grafis yang digunakan sangat "mentah".

Begitu tahu game dibuat Gates dan Konzen, Hertzfeld mengaku terkejut.

"Neil (Konzen) hacker remaja cemerlang yang saya kenal dari Apple II, tapi, kami terkejut game yang seluruhnya buruk itu dibuat bersama pendiri Microsoft, " kata dia.

Pada 2001 lalu, Microsoft membuat reka ulang versi 3D DONKEY.BAS, diberi nama DONKEY.NET, berupa game mobil yang berusaha menghindari menabrak keledai.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar