Mataram (ANTARA News)- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan layanan kependudukan langsung jadi selama kegiatan pekan inovasi dan gelar teknologi tetap guna yang dilaksanakan di Lapangan Sangkareang.

"Pada hari pertama pembukaan gelar teknologi tepat guna (TTG) yang dibuka Senin (26/3), kami sudah melayani sekitar 37 orang lebih untuk berbagai dukumen kependudukan," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram Hasmin di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, berbagai dokumen kependudukan langsung jadi yang diberikan kepada 37 orang yang datang pada hari pertama itu antara lain, dokumen kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, kartu identitas anak (KIA), kartu keluarga dan akta-akta pencatatan sipil lainnya.

Menurutnya, pelayanan sehari jadi selama kegiatan gelar TTG tersebut dilakukan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengurus berbagai dukumen kependudukan sekaligus sebagai gerakan Mataram sadar administrasi kependudukan (Gemas-Kan).

"Oleh karena itu, masyarakat yang belum mengurus berbagai dukumen kependudukan bisa segera memanfaatkan kesempatan di gelar TTG yangakan ditutup pada Rabu (28/3)," katanya.

Menyinggung tentang persyaratan, Hasmin menyebutkan, untuk berbagai persyaratan pembuatan dokumen kependudukan masyarakat tinggal membawa KTP elektronik dan dokumen sebelumnya sebagai dasar pencetakan ketika ada perubahan.

"Sementara wajib KTP yang belum memiliki KTP elektronik, bisa datang langsung ke kami tanpa membawa surat keterangan dari lingkungan sebab kami sudah memiliki data base yang terkoneksi langsung ke pusat, guna menghindari adanya penerbitan KTP ganda," ujarnya.

Dikatakan, pelayanan dokumen kependudukan sehari jadi ini laksanakan pada stan milik Dinas Dukcapil yang berada pada bagian ujung selatan stan barat.

Stan milik Dukcapil dilengkapi dengan menyiagakan satu unit mobil pelayanan keliling, sehingga proses pelayanan bisa dapat dilakukan di tempat.

Hasim menambahkan, apabila hingga pelayanan di gelar TTG sudah berakhir, masyarakat bisa tetap mendapatkan pelayanan sehari jadi karena per 19 Maret 2018, Dukcapil telah menerapkan program Rabu pelayanan sehari jadi atau disingkat "Rabu Sihadi" untuk semua jenis pelayanan kependudukan.

"Jadi setiap hari Rabu, pelayanan dokumen kependudukan bisa jadi dalam sehari. Dengan catatan berbagai persyaratannya lengkap," katanya.

Sedangkan, mobil pelayanan kependudukan keliling, dijadwalkan memberikan pelayanan ke sekolah dan kelurahan untuk melayani berbagai dokumen kependudukan sehingga memudahkan dan mendekatkan pelayanan.

"Dalam mobil pelayanan kependudukan kami menyiagakan lima orang petugas yang siap melayani masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Nirkomala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018