Enam tempat wisata kuliner andalan Jogja

Enam tempat wisata kuliner andalan Jogja

Sambal (bonvoyagejogja.com)

Jakarta (ANTARA News) - Jika Anda doyan makan, Jogja merupakan tujuan yang tepat untuk berburu beragam makanan khas nusantara. Ya, sebab Kota Pelajar ini tak melulu identik dengan masakan Jawa yang manis dan legit. Karena banyaknya pendatang yang merantau di Jogja dari seluruh Indonesia, makanan yang tersaji di sini pun beragam. Inilah yang membuat kota ini kaya cita rasa. 

Siapkan perut Anda untuk menjajal 6 tempat wisata kuliner andalan Jogja berikut ini!

  1. Waroeng Spesial Sambal
Sambal (bonvoyagejogja.com)
Siapa bilang orang Jogja tidak doyan pedas? Waroeng Spesial Sambal (SS) ini membuktikannya. Berawal dari warung kaki lima di sisi barat Grha Sabha Pramana UGM, kini Waroeng SS punya lebih dari 55 cabang di seluruh Indonesia. Boleh dibilang, siapa pun yang pernah di Jogja pasti pernah mencicipi sambal gobal-gabul nan dahsyat itu. Aneka pilihan lauk ditemani bermacam-macam sambal adalah perpaduan rasa yang sulit untuk dilupakan. 

1. Sego Pecel (SGPC) Bu Wiryo Jangan kaget jika Anda ingin menyantap nasi pecel yang berlokasi di sekitar Kampus UGM ini. Porsinya cukup besar dan mengenyangkan bagi Anda yang biasa makan irit. Sayuran rebus yang dikucuri bumbu pecel memenuhi piring. Tambahkan dengan lauk favorit, mulai dari telur ceplok hingga aneka gorengan. Tidak akrab dengan nasi pecel? Ada sup daging yang bisa menjadi alternatif.

2. Gudeg Wijilan Bu Lies

Jalan Wijilan di kawasan Kraton adalah sentra kuliner gudeg. Salah satu yang sering diincar para wisatawan adalah Gudeg Bu Lies. Bagi Anda yang tidak terlalu suka rasa manis, gudeg ini pas di lidah.  Rasa manis yang samar tertutupi gurihnya kuah dan pedasnya sambal krecek. Ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh? Penjual akan membungkus gudeg sedemikian rupa, sehingga aman selama perjalanan dan dapat dinikmati tanpa ada perubahan rasa. 

3. Bungong Jeumpa

Restoran ini menyediakan beragam kuliner Aceh yang dominan rasa rempahnya. Anda bisa menemukan mi goreng, nasi goreng, roti cane, hingga ayam goreng khas Aceh dengan rasa cukup autentik. Tak perlu jauh-jauh ke Aceh jika ingin mencoba makanan khas provinsi paling ujung Indonesia ini. Di Jogja sendiri, restoran ini punya beberapa cabang yang bisa Anda kunjungi, salah satunya di Jl. R.W. Monginsidi. 

4. Ayam Geprek Bu Rum Para mahasiswa yang indekos di sekitar Demangan Baru pasti familier dengan menu ini. Terletak di daerah Papringan, Ayam Geprek Bu Rum sudah memadukan ayam goreng tepung dengan sambal super pedas sejak lama, jauh sebelum ayam geprek kekinian populer. Pilihan sayur pendamping pun beragam, salah satu yang paling pas adalah oseng labu siam. Rasanya pedas mantap, cocok dimakan dengan nasi hangat.

5. Kindai
Sate (Garnesia.com)
 

Ingin menikmati nasi kuning asli Banjar? Kindai adalah pilihan yang tepat. Di sini Anda dapat melahap nasi kuning dengan ayam, telur, atau sambal goreng hati, serta soto banjar.  Harga bersahabat sudah pasti, karena Kindai juga merupakan tempat sarapan favorit mahasiswa. Rasa gurih dan sedikit pedas bisa mengobati rindu Anda pada masakan Tanah Borneo ini. 

Untuk menikmati tempat wisata kuliner di atas, Anda perlu mencari hotel di Jogja dengan mengakses Airy Rooms dari gadget Anda. Tersedia beragam kamar yang tergabung dalam jaringan hotel terbesar di Indonesia, dengan fasilitas lengkap terstandar di setiap kamar. Tujuh fasilitas andalannya adalah perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, AC, shower air hangat, air minum gratis, WiFi gratis, dan TV layar datar.

Ketujuh fasilitas tersebut bisa Anda peroleh dengan harga bersahabat. Dengan beberapa langkah saja, Anda dapat melakukan pembayaran via kartu kredit atau transfer bank. Kemudahan yang ditawarkan oleh Airy Rooms ini pastinya memudahkan Anda mengatur pengeluaran antara berwisata kuliner dan akomodasi. Yuk menginap di Jogja sekarang untuk berburu kuliner nikmat!

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sambal Belut dengan Berbagai Tingkat Kepedasan

Komentar