St. Petersburg (ANTARA News) - Duel antara Nigeria dan Argentina merupakan salah satu laga terpenting bagi perjalanan kedua tim di planet sepak bola. Boleh dibilang, skuad berjuluk La Albiceleste menghadapi laga hidup mati setelah menuai hasil jauh dari harapan, yakni imbang 1-1 melawan Islandia, dan kalah 0-3 menghadapi Kroasia.

Lionel Messi dan kawan-kawan siap mengukir sejarah. Argentina siap ditantang Nigeria dalam laga terakhir putaran Grup D Piala Dunia 2018 yang diadakan di Saint Petersburg Stadium, Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 01.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Trans TV.

"Kami harus tampil dengan hati, dan didukung kekuatan mental, dengan begitu membuat kami aman. Timnas Argentina di Piala Dunia baru mulai dalam laga besok," kata pelatih Argentina Jorge Sampaoli dalam jumpa pers.

Pelatih Nigeria Gernot Rohr dalam sebuah wawancara mengenai kualitas tim mengatakan,"Di luar tekanan memperoleh hasil yang diharapkan. Yang penting, bahwa kami tampil dengan penuh sukacita di Piala Dunia dalam setiap sesi latihan. Mudah untuk menunjukkan rasa kebersamaan ketika anda menang, dan karakter anda benar-benar teruji ketika anda kalah."

Nigeria beralih ke formasi 3-5-2 ketika menang 2-0 melawan Islandia, dan tidak akan mengubah komposisi pemain. Bek kiri Bryan Idowu yang diganti oleh Tyronne Ebuehi di babak pertama, berkaitan dengan perubahan taktik.

Sesudah menggunakan formasi 4-2-3-1 ketika melawan Islandia dan formasi 3-4-3 melawan Kroasia, Argentina diharapkan mengubah formasi lagi, dengan 4-3-3 atau 4-4-2.

Penjaga gawang Willy Cabalero bakal absen setelah melakukan kesalahan ketika melawan Kroasia. Angel Dia Maria dan Ever Banega siap dipanggil, sementara Gonzalo Higuain akan menggantikan Sergio Aguero di lini depan.

Argentina akan lolos ke babak knockout Piala Dunia 2018, jika menang atas Nigeria dan Islandia tidak mengalahkan Kroasia.  

 Anatomi Nigeria vs Argentina:

Head-to-head:

* Dalam empat Piala Dunia terakhir, Nigeria mampu lolos ke babak kualifikasi (2002, 2010, 2014 and 2018), mereka memperoleh hasil imbang ketika melawan Argentina. Mereka juga berada di grup yang sama pada 1994.
* The Super Eagles menderita kekalahan dalam empat Piala Dunia melawan Argentina, dengan seluruhnya mengalami selisih single-gol (1-0 pada 2002 dan 2010, 2-1 pada 1994, 3-2 pada 2014).
* Nigeria menderita kalah di pertandingan penyisihan grup atas Paraguay dalam turnamen pada 1998.         

Nigeria:
* Enam kemenangan Nigeria di ajang Piala Dunia seluruhnya melawan tim-tima asal Eropa. Mereka tidak pernah kalah dari lawan asal benua lain.
* Nigeria mampu bangkit kembali dengan meraih kemenangan dalam Piala Dunia 1998, ketika mereka dikalahkan Spanyol dan Bulgaria dalam dua pertandungan terakhir.
* Kemenangan akan menjamin Nigeria mencapai babak knock-out untuk kali kedua di Piala Dunia, dan kali keempat dalam enam penampilan keseluruhan.
* Striker Ahmed Musa menjadi pencetak gol terbanyak bagi Nigeria di Piala Dunia, dua gol ketika melawan Islandia dalam turnamen ini, dua gol versus Argentina pada 2004.

Baca juga: Nigeria jaga peluang ke 16 besar berkat dwigol Ahmed Musa   

Argentina:
* Argentina gagal menang dalam laga Piala Dunia 1934, ketika turnamen berlangsung dalam babak knock-out. Mereka tidak berpengalaman, skuad yang amatir, dan kalah 2-3 dari Swedia di putaran pertama.
* Mereka kalah untuk kembali bangkit di ajang Piala Dunia pada 1994 (ketika melawan Bulgaria dan Rumania). Mereka tidak pernah menderita kekalahan beruntun dalam laga penyisihan grup.   
* Lionel Messi gagal mencetak gol dalam 22 kali melepas tembakan dalam Piala Dunia.
* Lebih dari dua tahun, ia melesakkan 14 gol dalam 18 pertandingan saat membela Argentina.

   
Data dan fakta:

Nigeria:

* Gernot Rohr mengandalkan tiga pemain bertahan ketika melawan Islandia pada Jumat pekan lalu, mereka siap meneruskan formasi itu ketika melawan Argentina.
* Tyronne Ebuehi turun di babak pertama dan dapat turun di lini kanan menggantikan Brian Idowu.  
* John Obi Mikel diragukan tampil karena menderita cedera tangan.

Argentina:
* Sesudah tampil melawan Kroasia, Jorge Sampaoli beralih ke formasi 4-3-3.
* Franco Armani, Ever Banega, Angel Di Maria dan Gonzalo Higuain siap turun menggantikan Willy Caballero, Marcos Acuna, Maximiliano Meza dan Sergio Aguero.
 
Prakiraan susunan pemain:

* Nigeria (3-5-2):

Francis Uzoho (penjaga gawang); Kenneth Omeruo, William Ekong, Leon Balogun; Tyronne Ebuehi, Wilfred Ndidi, John Obi Mikel, Oghenekaro Etebo, Victor Moses; Kelechi Iheanacho, Ahmed Musa

* Argentina (4-3-3):
Franco Armani (penjaga gawang); Eduardo Salvio, Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Ever Banega, Javier Mascherano, Enzo Perez, Angel Di Maria; Lionel Messi, Gonzalo Higuain.
    
Prediksi Man of the Match:
1.Lionel Messi (52,17 persen)
2.Ahmed Musa (26,09 persen)
3.Kenneth Omeruo (8,7 persen)
4.Paulo Dybala (8,7 persen)
5.Oghenekaro Etebo (4,35 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Menarik menyaksikan penampilan skuad muda Nigeria manakala menghadapi pertandingan "hidup mati" melawan Argentina.
* Kemenangan atas Islandia menaikkan kepercayaan diri skuad Nigeria.
* Belum jelas benar apakah Gernot Rohr cenderung memberi arahan kepada anak asuhannya agar tampil menyerang manakala melawan Argentina dengan mengandalkan formasi 4-2-3-1 atau 3-5-2.
* Argentina benar-benar menghadapi laga sarat penghakiman setelah menelan kepedihan ketika kalah dari Kroasia.
* Argentina tertantang memanfaatkan momentum, dengan meningkatkan semangat bertanding, apalagi menghadapi Nigeria sebagai tim kuda hitam.
* Jorge Sampaoli siap mengubah formasi dan susunan pemain agar siap menghadapi Nigeria.

Prediksi hasil laga:
* Nigeria: 2
* Argentina: 1 

Baca juga: Tak ada belas kasihan, Nigeria akan singkirkan Messi dari Piala Dunia  

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018