Jakarta (ANTARA News) - Sandra Oh menjadi aktris pertama keturunan Asia yang masuk ke dalam nominasi Emmy 2018 untuk kategori aktris utama dalam serial drama.

"Saya berjuang untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk itu. Apa perpaduan dari kata 'keseriusan' dan 'gembira'? Saya benar-benar senang. Saya senang tidak hanya untuk pertunjukan, diri sendiri, keluarga, tetapi juga untuk komunitas saya. Semoga komunitas saya dapat merasa terwakili," kata dia kepada Hollywood Reporter.

Oh, yang yang membintangi Killing Eve sebagai mata-mata MI5, telah masuk nominasi untuk Primetime Emmy lima kali sebelumnya.

Aktris ini meraih lima nominasi berturut-turut dari 2005-2009 untuk perannya di Grey's Anatomy, semua dalam kategori aktris pendukung. Namun, dia tidak pernah menang.

Baca juga: Sandra Oh tinggalkan Grey's Anatomy

Berbicara tentang alasan perannya sebagai Eve yang mencuri perhatian, Oh mengatakan "Ini soal waktu dan fokus pertunjukan pada dua karakter,  yang berfokus pada psikologi wanita dan jiwa perempuan yang melakukan hal itu tanpa malu-malu. Saya tidak berpikir kita telah melihat itu sebelumnya," kata dia.

Pada tahun 2010, Archie Panjabi menjadi aktris pertama keturunan Asia yang membawa pulang Emmy untuk akting dan memenangkan kategori aktris pendukung.Tahun lalu, Aziz Ansari, Riz Ahmed, dan BD Wong semuanya mendapat nominasi akting. Ahmed memenangkan aktor utama dalam drama The Night Of, menjadi orang pertama keturunan Asia yang memenangkan Emmy untuk akting.

Sementara Ansari memenangkan Emmy untuk penulisan terbaik dalam seri komedi untuk Master of None.

"Saya menunggu orang lain yang juga akan memiliki kesempatan. Saya tidak ingin beristirahat pada kenyataan bahwa segelintir dari kami memiliki kesempatan dan itu berhenti di sana. Saya ingin itu terus berjalan. Saya ingin riak berubah menjadi gelombang," ujar Oh.

Oh bukan satu-satunya pemain dalam Killing Eve yang mendapatkan nominasi tahun ini, karena penulis Phoebe Waller-Bridge juga tercatat didalamnya.

Baca juga: Mendiang Chef Anthony Bourdain raih nominasi Emmy Awards

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018