Bekasi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, berencana menyediakan dua titik putar khusus bagi kendaraan transportasi peserta Asian Games 2018 di median Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Dua titik putar itu masing-masing ada di depan Rumah sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat untuk kedatangan bus menuju arena dan di depan Hotel Aston untuk kepulangan peserta menuju hotel," kata Kepala Bidang Transportasi Dishub Kota Bekasi Johan Budi Gunawan di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, dua titik putar itu akan dikhususkan bagi bus pengangkut peserta Asian Games 2018 untuk tujuan Stadion Patriot Chandrabaga dan dua hotel yang menjadi lokasi penginapan atlet beserta ofisial.

Dua hotel tersebut di antaranya Hotel Aston di simpang Bekasi Cyber Park Jalan Ahmad Yani dan Hotel Harris kawasan Summarecon Kota Bekasi.

"U-turn (titik putar kendaraan) itu hanya dikhususkan bagi operasional bus Asian Games, tidak untuk kepentingan umum," katanya.

Menurut Johan, ia telah berkoordinasi dengan jajaran Polrestro Bekasi Kota dalam pengamanan jalannya Asian Games mulai 10 Agustus hingga 2 September 2018.

"Rupanya Polrestro Bekasi Kota hanya bicara pada tataran pengamanan saja, sedangkan penanganan lalu lintasnya diserahkan kepada kita (Dishub)," katanya.

Menurut Johan, ia berencana menutup seluruh titik putar kendaraan di lintasan Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan yang kini terdapat sebanyak empat titik.

"Hanya dua di antaranya yang akan kita buka untuk kepentingan Asian Games saja. Dua titik putar itu hanya akan dibuka petugas saat ada bus peserta saja," katanya.

Johan memperkirakan, jadwal pembukaan dua titik putar itu akan berlangsung pada sejam sebelum pelaksanaan pertandingan dan sejam pascapertandingan di stadion.

"Jadwal serta tahapan pemain ini yang sedang kita koordinasikan dengan panitia penyelenggara," katanya.

Johan juga memastikan tidak akan ada pemberlakuan ganjil-genap di sekitar stadion selama gelaran Asian Games berlangsung.

"Jarak antara hotel dan arena saling berdekatan, berbeda dengan di Jakarta yang lokasinya berjauhan sehingga potensi kemacetan cukup besar di sana," katanya.

Baca juga: Stadion Patriot Chandrabaga siap, Pemkot Bekasi segera temui INASGOC

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018