Bogor (ANTARA News) - Tim Nasional U-23 Uzbekistan memastikan tiket menuju 16 besar cabang olahraga sepak bola putra pada Asian Games XVIII dengan pesta gol ke gawang Qatar.

Tim asuhan Ravshan Khaydarov menekuk Qatar dengan skor akhir 6-0 dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup B yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Kamis.

Uzbekistan mengemas enam angka dari dua pertandingan yang tak bisa lagi dikejar oleh tiga tim lainnya di Grup B dengan sisa satu pertandingan terakhir.

Pesaing terdekatnya Thailand berada di posisi runner up dengan hanya mengemas dua poin dari dua pertandingan. Sementara Bangladesh dan Qatar berada di posisi tiga dan empat klasemen sementara dengan sama-sama memiliki satu poin.

Timnas U-23 Uzbekistan tampil impresif bermain menyerang sepanjang pertandingan. Hasil dua gol di babak pertama ditambah empat gol di babak kedua mengokohkan posisinya di puncak klasemen Grup B.

Uzbekistan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit di babak kedua untuk mencetak tiga gol.

Zabikhillo dkk langsung melancarkan serangan begitu peluit babak pertama dimulai. Gelandang Uzbekistan Javokhir Sidikov hampir membobol gawang Qatar saat bola hanya menyentuh mistar gawang di menit 46. Namun di menit yang sama Uzbekistan tetap bisa membobol gawang Qatar lewat tendangan keras Dostonbek Khamdamov.

Tiga menit berselang, Javokhir Sidikov yang sebelumnya gagal mencetak gol tidak menyia-nyiakan peluang kedua dengan mencetak gol lewat tendangan keras memanfaatkan kelemahan pertahanan lawan.

Uzbekistan semakin di atas angin ketika gol kelima dicetak oleh gelandang Jaloliddin Masharipov lewat titik penalti. Kiper Qatar Marwan Badreldin mendapatkan kartu kuning karena telah menjatuhkan penyerang Uzbekistan di kotak penalti.

Uzbekistan tak mengendorkan serangan dan kembali menambah keunggulan menjadi 6-0 lewat gol Bobir Abdixolikov yang lebih dulu menggocek kiper di menit 74.

Penguasaan bola Qatar 43 persen dengan lima kali percobaan tendangan dan dua di antaranya mengarah ke gawang. 

Baca juga: Uzbekistan unggul 2-0 atas Qatar pada babak pertama
Baca juga: Susunan pemain Qatar vs Uzbekistan
Baca juga: Sepak Bola - Uzbekistan menang 3-0 atas Bangladesh

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018