"Pada hari yang sama di tempat yang berbeda ada pembukaan Pertemuan Tahunan IMF di Bali. Tapi, pembukaan IMF itu pagi, sedangkan pembukaan APG di Jakarta, malam. Presiden pasti datang,"
Jakarta, (ANTARA News) - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengonfirmasi kehadiran Presiden Joko Widodo dalam Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada 6 Oktober.

"Pada hari yang sama di tempat yang berbeda ada pembukaan Pertemuan Tahunan IMF di Bali. Tapi, pembukaan IMF itu pagi, sedangkan pembukaan APG di Jakarta, malam. Presiden pasti datang," kata Gatot selepas konferensi pers kesiapan penyelenggaraan Asian Para Games di Jakarta, Kamis.

Presiden, menurut Gatot, juga akan melepas kontingen Indonesia dalam Asian Para Games setelah ada upacara pengukuhan kontingen.

"Kami juga akan mengundang menteri-menteri yang lain dalam pembukaan, penutupan, dan pertandingan Asian Para Games," kata Gatot tentang kehadiran tamu-tamu dalam pertandingan Asian Para Games pada 6-13 Oktober.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 Raja Sapta Oktohari mengatakan penyelenggaraan Asian Para Games di Indonesia merupakan sejarah bagi bangsa sehingga mendapatkan perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo menyusul undangan rapat INAPGOC di Istana Bogor pada awal September lalu.

Selain perhatian khusus dari Presiden, Okto menyebut semua kementerian dan lembaga negara juga telah memberikan dukungan mereka terhadap penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Jakarta.

"Kami sering dibandingkan dengan penyelenggaraan Asian Games. Kami tidak dalam kompetisi dengan Asian Games karena Asian Games dan Asian Para Games adalah amanah dari negara untuk dijalankan. Kami kompetisi dengan negara-negara penyelenggara sebelumnya. Kami berusaha tampil positif tanpa menurunkan kualitas dari penyelenggaraan sebelumnya," kata Okto.

Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, mulai pukul 19.00 WIB pada 6 Oktober.

Pertunjukan selama dua jam itu akan mengusung tema keberagaman bangsa Indonesia yang menjadi satu kesatuan. Selain para selebritas seperti Putri Ariani, Armand Maulana, Once, Vidi Aldiano, Tulus, Andien, dan Tompi, pembukaan juga akan diisi penampilan dari para penyandang disabilitas sebagai bagian penting dari Asian Para Games.

Hingga Kamis, INAPGOC mencatat sebanyak 2.832 atlet disabilitas dari 43 negara akan mengikuti 18 pertandingan cabang olahraga.

(T.I026/

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018