counter

Saham perbankan tergelincir di tengah penguatan Bursa Australia

Saham perbankan tergelincir di tengah penguatan Bursa Australia

Commonwealth Bank of Australia (CBA).

"Indeks Dow dan S&P 500 mencapai rekor baru dan pasar Asia-Pasifik tampak siap untuk membuka keuntungan..."
Sydney (ANTARA News) -  Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat, didukung reli di pasar saham Eropa dan Amerika Serikat.

Pada pukul 10.15 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 18,7 poin atau 0,3 persen menjadi diperdagangkan di 6.188,2 poin dan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 18,5 poin atau 0,3 persen pada 6.295,4 poin.

Data penjualan ritel lebih baik dari yang diperkirakan di Inggris semalam, memicu reli pasar saham yang bergema ke perdagangan AS, dengan euro membantu menambah kenaikan baru-baru ini, sementara greenback tergelincir dan logam terguncang pelemahan baru-baru ini," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets McCarthy, dalam catatan pagi kepada investor.

"Indeks Dow dan S&P 500 mencapai rekor baru dan pasar Asia-Pasifik tampak siap untuk membuka keuntungan, meskipun mata uang lokal lebih tinggi dan banyak angka aktivitas manufaktur dan jasa global malam ini, mungkin melihat penutupan yang lebih hati-hati," tambahnya.

Dolar AS yang lebih lemah membantu mengangkat harga emas dan perak. Namun, kinerja baik aluminium, seng, dan nikel meningkatkan kepercayaan dalam prospek industri. Pasar-pasar obligasi reli bersama pro pertumbuhan dan pergerakan komoditas, katanya.

Bank-bank besar Australia dibuka melemah, dengan ANZ turun 0,84 persen, Commonwealth Bank tergelincir 0,29 persen, National Australia Bank merosot 0,25 persen dan Westpac turun 0,39 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 1,14 persen dan saingannya Rio Tinto melonjak 3,58 persen. Woodside Petroleum merosot 0,46 persen.

Wesfarmers turun 1,89 persen dan jaringan supermarket saingannya, Woolworths, kehilangan 1,44 persen. Perusahaan telekomunikasi Telstra turun 0,63 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas turun 1,32 persen dan kelompok biotek CSL naik 2,17 persen.

Baca juga: Wall street menguat ditopang data terbaru ekonomi AS

Baca juga: Bursa Tokyo dibuka naik dipicu rekor baru Dow Jones

Baca juga: Saham Carrefour rontok meski Bursa Perancis menguat 57,85 poin

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar