counter

Metropolitan

Manajemen Transjakarta evaluasi kecelakaan

Manajemen Transjakarta evaluasi kecelakaan

Tiang JPO Halte Transjakarta Sumber Waras dalam kondisi terlepas pada Selasa (25/9) (Istimewa)


Jakarta (ANTARA News) - Manajemen PT TransJakarta masih melakukan evaluasi terkait beberapa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus TransJakarta.

Humas PT TransJakarta, Wibowo di Jakarta pada Selasa. mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kecelakaan tunggal bus TransJakarta di Jalan Kyai Tapa, Grogol Petamburan Jakarta Barat, yang menabrak separator dan merusak tiang jembatan penyeberangan orang Halte TransJakarta Sumber Waras.

Wibowo saat dihubungi tidak berkomentar lebih lanjut perihal pengemudi yang terlibat kecelakaan tersebut.

Ia mengungkapkan setiap perekrutan dan standar operasional pengemudi bus TransJakarta telah melalui sistem prosedur yang benar.

“Semuanya ada pola dan sistem,” kata Wibowo.

Mengenai JPO Halte TransJakarta yang rusak akibat kecelakaan tersebut, Wibowo mengatakan, pihaknya berencana memperbaikinya malam ini.

"Malam ini JPO Sumber Waras diperbaiki oleh PT TransJakarta. Waktunya tergantung tim teknis sarana dan prasarana," katanya.

Sebelumnya, kecelakaan tunggal TransJakarta serupa juga terjadi di Jalan Gatot Subroto dekat Polda Metro Jaya, Kamis (20/9). 

Sejumlah penumpang sempat dievakuasi dan dibawa ke RS Mintoharjo, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan berbeda, pengamat Tata Kota dan Transportasi Universitas Trisakti, Nirwono Joga mendesak PT TransJakarta melakukan  evaluasi menyeluruh terhadap pengemudi.

Tak hanya itu, sanksi tegas harus diberikan kepada setiap pengemudi yang melanggar mengingat seringnya kecelakaan yang terjadi, tambahnya. 

“Perekrutan pengemudi harus profesional lagi. Kemudian Transjakarta juga harus bertanggung jawab dan memberi perlindungan penuh kepada penumpang,” ujarnya.

Seringnya kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta, menurutnya, akan membuat penumpang berpikir dua kali untuk beralih ke transportasi massal. Sehingga, ia mendesak Transjakarta memberi jaminan keamanan bagi  penumpang.

Baca juga: Tiang JPO rusak akibat kecelakaan Bus Transjakarta
Baca juga: Transjakarta buka dua rute baru
Baca juga: Perbaikan JPO Daan Mogot Jakarta Barat paling cepat lima hari

Pewarta:
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar