Sydney (ANTARA News) -  Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Kamis pagi, menyusul kenaikan moderat indeks-indeks utama di Wall Street dan tekanan pada komoditas-komoditas.

Pada pukul 10.15 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 29,4 poin atau 0,48 persen, menjadi diperdagangkan di 6.175,5 poin dan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 28,9 poin atau 0,46 persen menjadi 6.294,1 poin.

"Komentar terbaru dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell tentang suku bunga yang jauh dari netral mengirim dolar AS melonjak dan memicu aksi jual di pasar obligasi semalam," kata Kepala analis pasar CMC Markets and Stockbroking Michael McCarthy dalam catatan pagi kepada investor.

Ia menambahkan komoditas-komoditas berada di bawah tekanan, meskipun indeks pasar saham utama mencatat kenaikan moderat. Lonjakan dan selanjutnya reaksi kemungkinan akan membanjiri pasar Asia-Pasifik hari ini.

"Obligasi cenderung menjadi fitur hari ini. Kurva imbal hasil curam dan suku bunga jangka panjang yang lebih tinggi dapat memberikan investor jeda. Sebaliknya, harga minyak mencapai tertinggi baru empat tahun selama perdagangan Amerika Utara, meskipun terjadi penambahan terbesar dalam persediaan AS. Dukungan untuk saham-saham energi dapat mengimbangi tekanan pada sektor-sektor sensitif suku bunga."

Bank-bank besar Australia dibuka sebagian besar lebih rendah, dengan ANZ turun 0,18 persen, National Australia Bank turun 0,73 persen dan Westpac tergelincir 0,33 persen, dan Commonwealth Bank naik tipis 0,06 persen.

Raksasa pertambangan BHP Billiton naik 1,1 persen, saingannya Rio Tinto naik 1,83 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,63 persen.

Wesfarmers naik 0,98 persen, sementara jaringan supermarket saingannya Woolworths merosot 0,25 persen.

Raksasa telekomunikasi Telstra naik 0,63 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 1,06 persen dan kelompok bioteknologi CSL turun 0,41 persen.

Baca juga: Wall Street menguat dipicu imbal hasil obligasi AS

Baca juga: Terpengaruh sentimen rupiah, IHSG ditutup turun 7,88 poin

Baca juga: Saham Tesco rontok di tengah Bursa Inggris berakhir naik 35,73 poin

Baca juga: Bursa Perancis ditutup naik, Michelin raih keuntungan terbesar

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018