Saya telah bermain sangat baik sepanjang karir saya di China. Ini jelas tempat yang istimewa untukku
Jakarta (ANTARA News) - Novak Djokovic melanjutkan penampilan gemilangnya dengan merebut gelar Rolex Shanghai Masters untuk keempat kalinya setelah menaklukkan petenis Kroasia, Borna Coric , 6-3 6-4 di  Zhong Tennis Center,  Shanghai, China, Minggu.

"Saya telah bermain sangat baik sepanjang karir saya di China. Ini jelas tempat yang istimewa untukku,” kata Djokovic tentang gelar keempatnya itu seperti dikutip  laman skysports

Kunci kemenangan dua set Djokovic adalah servis yang konsisten serta pukulan-pukulan groundstroke yang ia variasikan secara cerdik. Pada set pertama, Petenis Serbia berusia 31 tahun itu mematahkan servis Coric di game keenam dan membuat serangkaian serangan di depan net saat dia mempertahankan keunggulannya.

Kehebatan servis Djokovic terlihat pada pertandingan tersebut. Petenis Serbia ini merebut set pembuka dengan love game dan secara keseluruhan ia hanya kehilangan empat poin saat memegang servis.

Coric yang membukukan salah satu kemenangan terbesar dalam karirnya saat mengalahkan Roger Federer di semifinal, tampak jauh dari penampilan terbaiknya di final ATP Masters pertamanya ini.

Pada set kedua, Coric langsung terpatahkan servisnya pada gim pembuka, walaupun setelah itu petenis berusia 21 tahun ini tampil penuh determinasi dengan menyelamatkan tiga match poin untuk mempertahankan servisnya pada game kesembilan,  sebelum Djokovic mengakhiri permainan di gim kesepuluh.

Djokovic memang telah kembali ke performa terbaiknya musim ini seusai pulih dari cedera siku. Dengan dua gelar Grand Slam di Wimbledon dan AS Terbuka yang diraih sebelumnya, Djokovic akan mengambil tahta Roger Federer sebagai peringkat dua dunia ketika edisi ATP pada edisi berikut yang akan  dirilis Senin.

Dengan kemenangan di Shanghai,  Djokovic yang mengoleksi juara Grand Slam 14 kali memperpanjang rangkaian kemenangannya menjadi 18 pertandingan. Djokovic  terus mengejar mahkota nomor satu dunia yang saat ini digenggam petenis Spanyol Rafa Nadal yang absen di tour Asia karena tengah memulihkan cedera lutut.

Baca juga: Djokovic: mendaki gunung hidupkan lagi keberuntungan saya
Baca juga: Djokovic petik resep juara dari Pegunungan Alpen


Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018