Di satu sisi, emas turun dan yen Jepang melemah tajam, menandakan investor beralih dari aset-aset safe-haven...
Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa didukung pembalikan pada saham-saham energi dan lonjakan saham-saham teknologi, namun kemudian bergerak turun kembali.

Pada pukul 11.00 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 18,60 poin atau 0,33 persen menjadi diperdagangkan di 5.690,20 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas melemah 18,40 poin atau 0,32 persen pada 5.768,00 poin.

"Aksi pasar semalam menunjukkan sentimen pasar dihidupkan kembali karena selera risiko yang lebih tinggi," kata Analis Pasar CMC Jonathen Chan seperti dikutip Xinhua.

"Di satu sisi, emas turun dan yen Jepang melemah tajam, menandakan investor beralih dari aset-aset safe-haven, di sisi lain saham teknologi memimpin reli di ekuitas AS."

Harga-harga komoditas terus memegang kendali langsung atas pasar keuangan Australia, dengan hasil beragam dalam perdagangan Eropa.

"Harga minyak memantul dari terendah 12 bulan dengan harapan bahwa Arab Saudi dan Rusia dapat memperoleh konsensus tentang produksi minyak di masa depan selama pertemuan G-20," kata Chan.

"Sebaliknya, bijih besi berjangka meluncur lebih jauh, dan logam dasar seperti nikel dan tembaga memperpanjang kerugian."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia bangkit dengan Commonwealth Bank naik 0,38 persen, ANZ naik 0,98 persen, National Australia Bank naik 0,57 persen dan Westpac Bank naik 0,39 persen.

Saham-saham pertambangan beragam, dengan BHP naik 0,49 persen, Fortescue Metals turun 1,04 persen, Rio Tinto turun 0,76 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,52 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat, dengan Woodside Petroleum naik 0,54 persen, Oil Search naik 1,68 persen dan Santos naik 2,19 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia lebih rendah, dengan Coles turun 1,37 persen dan Woolworth turun 0,05 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,70 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas naik 0,34 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,06 persen.

Baca juga: Saham Carrefour jatuh, saat Bursa Prancis ditutup menguat

Baca juga: Dolar AS menguat di tengah ketidakpastian kesepakatan brexit

Baca juga: Dolar AS dan saham menguat, harga emas turun

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018