Sungailiat, Kepulauan Bangka Belitung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka menyediakan layanan rumah sosial bagi difabel.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Kabupaten Bangka Okta Brinna di Sungailiat, Sabtu, menjelaskan rumah sosial merupakan wadah bagi pemerintah, swasta, organisasi sosial dan masyarakat yang memilki kepedulian untuk membantu difabel.

"Sasaran pelayanan rumah layanan sosial adalah penyandang disabilitas yang tinggal dalam keluarga sendiri atau keluarga pengganti," katanya.

Rumah sosial menyediakan informasi seputar disabilitas; bimbingan fisik, mental, dan sosial; serta layanan psikososial berupa konseling, terapi bermain, terapi rekreasi, dan pelatihan keterampilan sosial.

Rumah sosial yang terletak di jalan SD Negeri 15 Sungailiat, Kelurahan Parit Padang, itu memiliki 14 kader rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM).

"Kader RBM tersebut bertugas membantu pelayanan pendampingan bagi penyandang disabilitas tanpa menerima imbalan atau honor dari pihak manapun," katanya.

Baca juga:
Jember gelar bursa kerja untuk difabel
Presiden dorong penyediaan fasilitas umum ramah difabel

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018