Jakarta (ANTARA News) - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjamin tidak terjadi penumpukan sampah selama perayaan Natal di Ibukota dengan siagakan ribuan petugas tetap bekerja menanggani sampah meski hari libur.
     
"Kegiatan penanganan sampah selama Natal tetap berlangsung seperti biasa," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji di Jakarta Pusat, Senin.
     
Guna mengantisipasi membludaknya sampah pada momen itu, pihaknya juga telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas dan armada penanganan sampah, katanya.
     
"Seluruh Suku Dinas dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap gereja di wilayahnya, saat malam Natal dan rangkaian perayaannya,” kata Isnawa.
     
Sebanyak 50 personel kebersihan DLH di setiap kecamatan ditugaskan memastikan pelaksanaan misa dan kebaktian di setiap gereja berlangsung dengan baik.
   
"Total 2.200 personel Pasukan Orangye kita tugaskan dalam satgas kebersihan Natal ini," kata Isnawa.
     
Dia memaparkan, DLH juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, mobil penyapu jalan (road sweeper), toilet mobile dan menyiagakan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang  beroperasi 24 jam.  Untuk melakukan pelayanan pada malam Natal dan menyiagakan regu comot dan sarana kebersihan bekerja sama dengan kelurahan terkait, katanya.
   
Isnawa melanjutkan terutama untuk Gereja - Gereja besar yang jemaatnya ramai, petugas dan armada penanganan kebersihan ditugaskan lebih optimal. Misalnya Gereja Katedral dan Emmanuel di Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu di Jakarta Selatan, dan Gereja Theresia di Jakarta Timur.

Baca juga: Pemda DKI siapkan ratusan kendaraan tangani kebersihan

Baca juga: Anies lakukan peletakan batu pertama ITF Sunter

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018