BUMN akan segera berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk mencari areal yang tepat dibangunkan hunian sementara
Cilegon, Banten (ANTARA News) - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menyalurkan bantuan BUMN senilai Rp3 miliar bagi korban bencana tsunami Selat Sunda melalui posko di Cinangka, Labuan dan Sumur, Pandeglang.

Direktur Utama Krakatyau Steel Silmy Karim dalam siaran pers yang diterima Antara, di Cilegon, Banten, Senin, mengatakan tim cepat tanggap bencana perusahaan sudah berada di lokasi beberapa saat setelah terjadi bencana. 

"Kami adalah BUMN yang terdekat dengan lokasi dan sudah sepatutnya kami menjadi BUMN yang pertama bergerak untuk meringankan saudara kami di Banten," ungkapnya.

Setelah hampir seminggu membuka [osko di Cinangka dan Sumur, Krakatau Steel sebagai koordinator bantuan untuk BUMN di wilayah Banten sudah mengumpulkan bantuan dari sejumlah BUMN senilai kurang lebih Rp3 Miliar. 

Dilipihnya tiga lokasi ini untuk memudahkan pendistribusian area yang terbagi menjadi tiga wilayah terdampak.

Dalam menyelenggarakan pendistribusian bantuan, tim yang juga didukung Serikat Karyawan Krakatau Steel dan anak-anak perusahaan serta afiliasinya bekerja penuh selama 24 jam. 

Gerak cepat ini diapresiasi Menteri BUMN Rini M Soemarno saat melakukan kunjungan ke Kecamatan Sumur, Kabupaen Pandeglang, Sabtu (29/12/2018). 

Hadir mendampingi Rini dalam kunjungan kerja tersebut Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro, Deputi Jasa Keuangan, Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim, Direktur SDM PT KS Rahmad Hidayat, Direktur  Pemasaran PT KS Purwono Widodo, Persatuan Istri Karyawan Krakatau Steel (Periska) serta direksi dari sejumlah BUMN.

Dalam kunjungannya yang menyusuri pesisir pantai daerah Sumur hingga jalan raya, Menteri Rini berinteraksi dan memberikan dukungannya untuk warga korban bencana.

Pada kesempatan itu pula warga menyampaikan harapannya agar mereka dapat diberikan bantuan hunian sementara karena banyak warga yang kehilangan tempat tinggalnya.

"Sebagai koordinator posko bencana di daerah Banten, Krakatau Steel sudah dengan cepat menyalurkan bantuan untuk warga korban bencana," ungkap Rini mengapresiasi.

"Untuk mereka yang rumahnya hancur, dan sekarang juga musim hujan, sangat penting bagi mereka bisa memiliki hunian sementara yang dilengkapi dengan MCK yang baik dan ketersediaan air bersih. Sehingga mereka pun beraktivitas kembali seperti biasa. Maka dari itu, kami akan dorong BUMN membangun kembali daerah bencana dengan mendirikan hunian sementara," kata Rini.

BUMN pun akan segera berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk mencari areal yang tepat dibangunkan hunian sementara.

Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang akan menjadi daerah pertama yang akan dibangun hunian sementara.

Baca juga: Krakatau Steel jadi koordinator bantuan BUMN untuk korban tsunam
 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018