counter

49.230 pengunjung padati Ancol

49.230 pengunjung padati Ancol

Puluhan ribu pengunjung memadati panggung hiburan yang dipusatkan di Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, untuk memeriahkan malam pergantian tahun, Senin malam (31/12). (ANTARA News/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 49.230 orang memadati malam pergantian tahun baru di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin malam. 
 
"Hingga pukul 21.00 WIB, jumlah pengunjung Ancol mencapai 49.230 orang," kata Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, di Jakarta, Senin malam. 
 
Manajemen Ancol pun menargetkan jumlah pengunjung pada malam Tahun Baru 2019 ini adalah sebesar 250.000 pengunjung. 
 
Menurut dia, jumlah pengunjung diperkirakan terus bertambah hingga malam pergantian tahun baru dan diharapkan target tersebut dapat tercapai. 
 
Walau begitu, seorang petugas pengamanan mengatakan, jumlah pengunjung pada tahun ini menurun drastis. "Mungkin karena tersebar berita hoax akan terjadi gelombang tinggi di pantai Ancol," katanya. 
 
Selain itu, guyuran hujan yang terjadi sejak Senin sore juga membuat warga mengurungkan niatnya untuk ikut malam tahun baru di Ancol. 
 
Pada malam pergantian tahun di tahun sebelumnya, lanjit dia, sejak sore hari jumlah kendaraan yang memasuki kawasan Ancol sudah padat. Bahkan, pengunjung sulit untuk memarkirkan kendaraannya karena banyaknya jumlah pengunjung. 
 
"Tapi, pada malam hari ini tidak terjadi kepadatan di kawasan Ancol," ujarnya. 
 
Para pengunjung lebih banyak berada di panggung hiburan yang di pusatkan di Pantai Carnaval dan Pantai Lagoon. Salah satu pengunjung dari Bekasi yang berada di Pantai Carnaval, Rina (25) datang bersama keluarganya untuk menikmati malam pergantian tahun baru di Ancol. 
 
Namun, lanjut dia, malam pergantian tahun baru kali ini tidak begitu padat dibandingkan tahun sebelumnya. "Pada tahun sebelumnya, kami kesulitan parkir karena banyaknya jumlah kendaraan yang berada di kawasan Ancol. Tapi, pada tahun ini tidak begitu padat," katanya. 
 
Ia berharap pada malam pergantian tahun di Ancol berjalan aman dan lancar. 
 
Pengelola Ancol bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi swasta menggelar panggung musik "Gempita 2018" di Pantai Carnaval yang dimeriahkan oleh sejumlah musisi ternama seperti Noah, Wali, Armada, Nev plus Dea, Limbad dan lainnya. 
 
"Konser musik yang akan dimulai dari pukul 19.00 WIB ini dipandu oleh MC tersohor yaitu Andika Pratama, Ayu Dewi dan Nirina Zubir. Selain diajak bernyanyi dan berjoget, pengunjung akan menyaksikan pertunjukan pesta kembang api," kata Rika. 
 
Selain di Pantai Carnaval, Floating Stage Pantai Lagoon juga akan menghadirkan pertunjukkan yang tidak kalah serunya. Virgoun dan Souljah akan memeriahkan dengan lagu-lagu andalan.
 
Pada panggung ini juga akan diisi oleh penampilan tarian etnik kolaborasi nusantara, modern percussion, serta yang ditunggu-tunggu adalah Jakarta Musical Fireworks. 
 
"Tidak main-main, pesta kembang api musikal ini akan berdurasi 13 menit dengan panjang 600 meter," katanya. 
   
Pesta kembang api pun tidak hanya di Pantai carnaval dan Pantai Lagoon. Ancol memiliki 3 titik pesta kembang api lainnya yaitu di Danau Monumen, Pantai Festival dan Putri Duyung Ancol. 
 
Seperti tahun sebelumnya, Ancol juga akan menerapkan sistem Sentral Parkir di seluruh kawasan Ancol yang akan diberlakukan mulai 31 Desember 2017 pukul 05.00 WIB hingga 1 Januari 2018 pukul 00.00 WIB.

Pada waktu itu, semua pengunjung yang membawa kendaraan roda dua atau lebih langsung diarahkan mengisi kantong-kantong parkir yang tersedia yang dapat menampung sekitar 13.000 mobil dan 34.000 motor. 
 
Pengunjung tidak perlu khawatir, karena waktu sentral parkir diberlakukan, manajemen menyiapkan 119 bus Wara-Wiri gratis dan dua rangkaian Kereta wisata sato-sato yang masing-masing rangkaian dapat menampung 130 orang yang akan mengantar pengunjung dari Pantai Carnaval sampai ke Dunia Fantasi.***4***

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar