Pelanggan kita akan tambah terus, kita sekarang sedang bidik pelanggan dari Rusia
Tangerang (ANTARA News) - PT Garuda Maintenace Facilitis AeroAsia tengah membidik pasar perawatan pesawat dari Rusia karena potensinya yang sangat besar. 

“Pelanggan kita akan tambah terus, kita sekarang sedang bidik pelanggan dari Rusia,” kata Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto usai penandatanganan kerja sama dengan PT Indopelita Aircraft Service di Tangerang, Rabu.

Dia menjelaskan Rusia merupakan pasar yang potensial sebab selain intens menggunakan jasa perawatan pesawat dengan GMF, juga negara tersebut tidak berfokus pada industri perawatan pesawat.

“Mereka tidak fokus kepada industri MRO pesawat, sudah pasti dikirim ke luar,” katanya.

Lebih lanjut, Iwan menuturkan hal itu dikarenakan alokasi biaya yang dikeluarkan untuk sumber daya manusia (SDM) baik di Eropa Timur maupun di Eropa Barat sangatlah besar. 

“Sebagian memang tidak mengerjakan perawatan pesawat di negaranya karena ‘labour cost’-nya cukup mahal, mereka konsentrasi pada teknologi tinggi, seperti digital, industri yang canggih,” katanya.

Selain pasar Rusia, pasar India juga cukup meningkat tajam serta pasr Korea Selatan.

“Kita akan ‘overload’,” katanya.

Karena itu, ia telah menjalin kerja sama untuk penambahan kapasitas dan kapbilitas dengan sejumlah perusahaan perawatan pesawat, di antaranya Merpati Maintenance Facility (MRO) dan PT Indopelita Aircraft Service. 

“Dari KLM juga sudah kebagian 10 pesawat dari

Ilustrasi profil PT GMF Aero Asia (--)
sana, belum termasuk mesin dan komponen yang lainnya,” katanya.
Baca juga: GMF kerja sama pemanfaatan hanggar milik Pelita Air
Baca juga: Tiga perusahaan Timur-Tengah datangi GMF jajaki kerja sama


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019