counter

Indonesia Targetkan Peningkatan Prestasi Renang Di SEA Games 2019

Indonesia Targetkan Peningkatan Prestasi Renang Di SEA Games 2019

Empat atlet renang muda Indonesia Azel Zelmi Aryalingga (kedua dari kiri), Adinda Larasati Dewi (ketiga kiri), Azzahra Permatahani (ketiga kanan), dan Farrel Armandio Tangkas (kedua kanan) didampingi Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E. Rahardjo (kiri) dan pelatih David Armandoni (kanan) dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/10) tentang Olimpiade Remaja 2018. (Antara/Imam Santoso)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) menargetkan prestasi yang lebih baik bagi tim Indonesia dalam perhelatan SEA Games 2019 yang akan diselenggarakan di Filipina. 

"Pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, tim kita (Indonesia) hanya dapat empat medali emas. Tahun ini, kami targetkan bisa lebih," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E Rahardjo saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa. 

Menurut dia, dalam kejuaraan SEA Games tahun ini, pihaknya menargetkan sekitar lima atau enam medali emas yang dapat diraih oleh tim Merah Putih dari cabang olahraga renang. 

"Jadi, kalau di SEA Games terakhir itu cuma dapat empat emas, di SEA Games tahun ini harus bisa dapat lima atau enam medali emas, yang pasti prestasinya harus meningkat, lebih baik lagi," ujar Harlin. 

Berkaitan dengan peningkatan prestasi tersebut, dia menuturkan, pihaknya pun sudah mulai melakukan berbagai persiapan, salah satunya, yaitu melaksanakan seleksi atlet ketat, sehingga hanya atlet-atlet yang lolos seleksi yang dapat berlaga di SEA Games. 

"Sampai sekarang, seleksi itu masih kami lakukan, sambil latihan juga. Kemudian nanti, kira-kira akhir April 2019 akan ada kejuaraan nasional (kejurnas) renang. Disitu kami akan sekalian lakukan seleksi atlet," tutur Harlin. 

Selain dari segi atlet, katanya, ia juga akan melakukan sertifikasi terhadap seluruh pelatih, sehingga sesuai dengan standar FINA atau federasi renang internasional dan dapat melatih para atlet dengan lebih baik. 

"Selain atlet, tentu saja dari segi pelatih juga harus ditingkatkan kemampuannya. Rencananya, kami akan lakukan sertifikasi untuk semua pelatih. Jadi selain atlet-atlet terbaik, kita juga punya pelatih-pelatih handal," ungkap Harlin. 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PRSI Gelar CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017

Komentar