Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Renang seluruh Indonesia (PB PRSI) bertekad meningkatkan kualitas seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkecimpung dalam dunia akuatik yang diantaranya pelatih, juri dan wasit.

"Salah satu program kerja kami tahun ini adalah meningkatkan kualitas seluruh SDM akuatik yang meliputi pelatih, juri dan wasit. Itu semua harus ditingkatkan," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E Rahardjo saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, peningkatan kualitas SDM akuatik merupakan salah satu program kerja yang dihasilkan melalui rapat kerja nasional (Rakernas) PB PRSI yang diselenggarakan di Jakarta, 24-25 Februari.

Peningkatan kualitas SDM tersebut, sambung dia, tidak hanya dilakukan di kota-kota besar, tetapi di seluruh wilayah di Indonesia, bahkan hingga ke daerah-daerah terpencil. Dengan demikian, diharapkan hasilnya akan lebih merata.

"Peningkatan kualitas SDM akuatik itu akan kami lakukan dengan mengadakan coaching clinic sampai ke daerah-daerah terpencil. Intinya, kami menginginkan adanya pemerataan ilmu akuatik di semua wilayah di Indonesia," ujar Harlin menambahkan.

Selain peningkatan kualitas SDM akuatik, dia menuturkan, program kerja lain yang akan dilaksanakan oleh PB PRSI pada tahun ini adalah sertifikasi terhadap seluruh pelatih, juri dan wasit yang ada di Tanah Air.

"Sertifikasi itu akan kami lakukan dengan tujuan supaya semua pelatih renang, juri serta wasit di Indonesia memiliki standar yang sama, bahkan sesuai dengan standar FINA (federasi renang internasional)," kata pria yang masih aktif ikut lomba renang itu.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sertifikasi terhadap pelatih, wasit maupun juri itu bukan hanya dilakukan di kota-kota besar, tetapi akan lebih difokuskan ke daerah-darah, sehingga hasilnya merata.

"Dengan begitu, kami berharap kualitas renang, baik itu atlet maupun SDM lain pendukungnya sama-sama berkualitas dan nama Indonesia jadi lebih harum melalui olah raga renang," kata Harlin menjelaskan.
Baca juga: PRSI optimistis dalam persaingan di SEA Games 2019
Baca juga: Indonesia Targetkan Peningkatan Prestasi Renang Di SEA Games 2019

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019