Jakarta (ANTARA) - Microsoft tinggal menghitung bulan sebelum mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows 7, tepatnya pada Januari 2020 mendatang, dan meminta penggunanya untuk segera beralih ke Windows 10.

"Semua hal baik harus berakhir, bahkan Windows 7. Setelah 14 Januari 2020, Microsoft tidak akan lagi menyediakan pembaruan keamanan atau dukungan untuk komputer personal (PC) yang menjalankan Windows 7," kata Microsoft di halaman dukungan Windows 7, dikutip Rabu.

"Tetapi Anda dapat tetap menikmati saat-saat yang menyenangkan dengan pindah ke Windows 10," tambah Microsoft.

Lalu bagaimana apabila Anda tidak tidak beralih ke Windows 10 ketika dukungan dari Microsoft berakhir? Microsoft tidak banyak memberikan jalan keluar, kecuali meminta Anda untuk beralih ke Windows 10 atau membeli perangkat baru yang sudah menggunakan Windows 10.

Apakah Anda masih bisa menggunakan Windows 7? Microsoft menyebut pengguna masih bisa menggunakan Windows 7 meskipun dukungan mereka telah berakhir.

Risikonya adalah PC akan menjadi lebih rentan terharap ancaman keamanan siber. Windows 7 akan tetap bisa beroperasi tapi pengguna tidak akan mendapatkan pembaruan fitur dan dukungan keamanan.

Dengan berakhirnya dukungan untuk Windows 7 pada awal 2020, dukungan untuk Internet Explorer pada Windows 7 juga akan berakhir karena aplikasi itu merupakan bagian dari sistem operasi itu.

Microsoft juga menyampaikan bahwa aplikasi Microsoft 365 Business hadir dengan pembaruan gratis untuk pengguna Windows 7, 8, aau 8.1 Pro berlisensi. Dengan membeli Microsoft 365 Business, pengguna sekaligus bisa memperbarui semua sistem operasi Windows Pro tanpa dikenai biaya.

Pewarta: Suryanto
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019